hero
(Dok: KBRI Tashkent, Uzbekistan)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

23 Desember 2019, 16:30 WIB

UZBEKISTAN

Pulau Komodo di dalam bus? Iya benar, tapi bukan Pulau Komodo beneran yang diangkut melainkan hanya gambar yang ditampilkan pada bus umum di Tashkent, Uzbekistan. Kegiatan ini merupakan terobosan KBRI Tashkent untuk mempromosikan keindahan alam Indonesia pada masyarakat setempat. 

Sekitar kurang lebih 25 bus dalam kota Tashkent akan digunakan sebagai media promosi “Wonderful Indonesia”. Kedua sisi bus rencananya akan menampilkan destinasi indah Indonesia tak hanya Pulau Komodo, tetapi juga Pulau Padar, Gili Trawangan, Labuan Bajo, Danau Toba, Pantai Kuta Bali, Pantai Kuta Lombok, dan Wakatobi.

Rencananya ada 25 bus yang akan dijadikan media promosi yang terbagi menjadi dua. 10 bus pertama akan mulai promosi pada Desember 2019 hingga Maret 2020. Setelah itu dilanjutkan dengan 15 bus besar pada Januari hingga Maret 2020.

"Hari ini, Kamis, 19 Desember 2019 merupakan hari yang bersejarah karena untuk pertama kalinya di Tashkent, Uzbekistan ini, bus “Wonderful Indonesia” berseliweran di jalur-jalur utama kota Tashkent dan KBRI juga merupakan perwakilan asing pertama yang melakukan usaha promosi pariwisata di media transportasi berbentuk bus kota di Uzbekistan," ujar Duta Besar RI untuk Uzbekistan, Sunaryo Kartadinata dalam rilis yang diterima oleh NET.Z.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

*Bus Wonderful Indonesia Bakal Wara-Wiri di Tashkent, Uzbekistan* Beragam cara dilakukan untuk mempromosikan wisata Indonesia di luar negeri, salah satunya dengan memanfaatkan transportasi umum sebagai media untuk memperlihatkan keindahan alam Indonesia. Hal tersebut merupakan terobosan langkah promosi yang digarap oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tashkent di Uzbekistan. Sebanyak 10 bis dalam kota Tashkent di bulan Desember 2019-Maret 2020 dan akan dilanjutkan dengan 15 bis besar di bulan Januari - Maret 2020 yang dibalut materi promosi "Wonderful Indonesia" di kedua sisinya akan menampilkan destinasi wisata nusantara seperti Candi Borobudur, Pulau Komodo, Pulau Padar, Danau Toba, Gili Trawangan, Labuan Bajo, Pantai Kuta, dan Wakatobi. Hari ini, Kamis, 19 Desember 2019 merupakan hari yang bersejarah karena untuk pertama kalinya di Tashkent, Uzbekistan ini, bus Wonderful Indonesia berseliweran di jalur-jalur utama kota Tashkent dan KBRI juga merupakan Perwakilan asing pertama yang melakukan usaha promosi pariwisata di media transportasi berbentuk bis kota di Uzbekistan Kampanye Bus “Wonderful Indonesia” ini akan dilaksanakan selama Desember 2019 sampai dengan Maret 2020. Rute yang dilewati mencakupi area pemukiman utama dan jalan-jalan protokol di Tashkent, Uzbekistan. Dengan total penduduk di kota Tashkent sebanyak 3 juta jiwa dari 33 juta jiwa penduduk Uzbekistan, diharapkan kampanye ini dapat menarik wisatawan dari negara di Asia Tengah ini untuk datang berlibur ke Indonesia. Bus Campaign Wonderful Indonesia ini adalah salah satu implementasi visi dan misi KBRI Tashkent untuk menjalankan program diplomasi ekonomi yang bertujuan untuk mendukung pembangunan nasional yang didukung dengan peningkatan jumlah wisatawan asal Uzbekistan ke Indonesia dan upaya peningkatan citra Indonesia. (sumber: KBRI Tashkent) . . #iniDiplomasi #Indonesianway #DemiNKRI #Negaramelindungu #Rintiskemajuan #IndonesiaUntukDunia

Sebuah kiriman dibagikan oleh Embassy of Indonesia Tashkent (@kbritashkent) pada

Kampanye bus “Wonderful Indonesia” ini melewati area pemukiman utama dan jalan-jalan protokol. Selain lokasinya yang strategis, tujuan lainnya yaitu untuk menjangkau masyarakat secara luas. Perlu diketahui, bahwa total penduduk di kota Tashkent sebanyak 3 juta jiwa dari 33 juta penduduk Uzbekistan.

Periode Desember 2019 hingga Maret 2020 dipilih untuk promosi, karena saat-saat itu Uzbekistan telah memasuki musim dingin dimana kebiasaan warganya adalah berlibur akhir tahun di tempat-tempat yang bercuaca tropis.

Ini merupakan kesempatan dan peluang bagus untuk menarik pasar wisatawan Uzbekistan. Terlebih masyarakat Uzbekistan menyukai wisata alam, khususnya pantai dan laut.

Program bus “Wonderful Insonesia” ini juga merupakan diplomasi ekonomi yang diharapkan mampu meningkatkan jumlah wisatawan asal Uzbekistan ke Indonesia.

LARAS PUSPITORINI

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments