hero
(NET/ Enda Tarigan)

EDITOR : SUWARDI ROSADI

18 Desember 2019, 08:40 WIB

KALIMANTAN TIMUR, INDONESIA

Pusat gugus ibu kota baru untuk lokasi pemerintahan, sudah ditentukan oleh Presiden Joko Widodo. Posisinya di puncak bukit!

Pada puncak bukit gugus ibu kota baru di Kabupaten Penajam Passer Utara (PPU), Kalimantan Timur tersebut akan dibangun Istana Kepresidenan serta beberapa kantor kementerian.

Lokasi yang berada di tanah berbukit, dinilai Presiden Jokowi sebagai sebuah keunggulan dalam pembangunan ibu kota dengan konsep smart city dan green city.

"Justru ini kontur yg sangat bagus, bukan menyulitkan. Kalau arsitek atau urban planner diberi sebuah kawasan naik turun bukit pasti akan senang. Lihat saja nanti. desainernya pasti akan senang sekali," ucap Presiden Joko Widodo di Kabupaten PPU kepada NET, Selasa, 17 Desember 2019.

Total akan ada 5600 gugus pemerintahan yang akan didirikan di ibu kota baru, yang disiapkan diatas lahas seluas 256 hektar. Selain itu akan juga dibangun gugus kesehatan, gugus pendidikan, riset dan inovasi serta gugus pusat keuangan secara bertahap.

Status ibu kota baru akan dibicarakan ke Dewan Perwakilan Daerah (DPR) RI, apakah akan menjadi provinsi atau kota khusus.

"Ini yang sedang diproses, apakah ini kita sebut sebagai sebuah kota, yang nanti akan ada di situ city manajer nya atau kah sebuah provinsi. Ini yang akan segera diputuskan. Tapi yg paling penting, badan otoritas ibu kota segera akan terbentuk akhir bulan Desember atau paling awal Januari." Pungkas Presiden Jokowi.

Baca Juga: (Banjir Kepung Ibu Kota Jakarta, 1 Warga Tewas Terpeleset)

Rombongan Presiden Joko Widodo melintasi jalanan berkelok dan licin di Kabupaten Penajam Passer Utara, Kalimantan Timur untuk meninjau rencana pembangunan ibu kota baru. Selasa, 17 Desember 2019 (NET/ Enda Tarigan)

Untuk tahap awal, pembangunan ibu kota baru hanya akan menggunakan lahas seluas 56 ribu hektar melingkupi Kabupaten PPU dan Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur.

ENDA TARIGAN

 

 

 

 

 

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments