EDITOR : REZA PAHLEVI

15 Desember 2019, 22:20 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Ngomong-ngomong tentang warung, tentunya tidak jauh dari bangunan kecil yang menjual beragam jenis barang. Namanya usaha mikro, setelah membeli barang, kita cuma bisa membayarnya secara manual. 

Berawal dari masalah inilah perusahaan e-commerce Tokopedia bekerjasama dengan start-up Warung Pintar dan Fintech OVO menggelar Festival Gerakan Warung Nasional. Tujuannya untuk memajukan ekosistem warung secara digital sekaligus mengakselerasi pemerataan ekonomi di Indonesia.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki (kedua kiri) berbincang dengan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas (kiri), CEO dan Founder Tokopedia William Tanuwijaya (ketiga kanan), CEO dan Co-Founder Warung Pintar Agung Bezharie Hadinegoro (kedua kanan) AVP of New Retail Tokopedia Adi Putra (kanan) di Museum Warung Indonesia dalam acara Festival Gerakan Warung Nasional di Lapangan Banteng, Jakarta, Sabtu (14/12/2019). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi).

“Kampanye ini untuk mengirimkan pesan ke masyarakat betapa pentingnya kontribusi warung untuk perekonomian Indonesia, terutama perekonomian akar rumput. Kita lihat kontribusinya terhadap retail penjualan barang itu lebih dari 50 persen,” ujar Assistant Vice President of New Retail Tokopedia Adi Putra kepada NET.Z, Sabtu, 14 Desember 2019.

Berdasarkan data yang diungkap Warung Pintar, sebanyak 3,5 juta warung yang ada di Indonesia merupakan tulang punggung ekonomi bangsa dan penyedia lapangan pekerjaan yang setara bagi semua golongan masyarakat. Sebanyak 58 persen dari ribuan mitra Warung Pintar adalah perempuan. Mereka berhasil menyumbang 60 persen dari total penghasilan keluarga.

Warga mengunjungi Museum Warung Indonesia dalam acara Festival Gerakan Warung Nasional di Lapangan Banteng, Jakarta, Sabtu (14/12/2019). Acara tersebut merupakan langkah awal untuk mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus mengembangkan ekosistem warung sebagai salah satu usaha mikro agar dapat memberikan dampak yang lebih besar bagi perekonomian Indonesia. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

"Kita percaya ketika membantu warung untuk berevolusi secara teknologi maka akan ada multi play effect ke masyarakat," tambah Adi. 

Sementara itu, CEO dan Co-Founder Warung Pintar, Agung Bezharie Hadinegoro menambahkan, kerjasama ini diharapkan bisa menumbuhkan semangat usaha UMKM di Indonesia. Ia juga berharap pemilik warung bisa melebarkan akses bisnis di era digital agar dapat ikut tumbuh untuk masa depan ekonomi Indonesia. 

"Lewat Festival Gerakan Warung Nasional, Warung Pintar ingin mendukung komitmen para juragan warung yang ingin bertumbuh tanpa batas menggunakan sistem teknologi yang mudah dipakai dan dipahami," ungkapnya.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki menyampaikan pidato di Festival Gerakan Warung Nasional (FGWN) di Lapangan Banteng, Jakarta (14/12/2019). Acara tersebut merupakan langkah awal untuk mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus mengembangkan ekosistem warung sebagai salah satu usaha mikro agar dapat memberikan dampak yang lebih besar bagi perekonomian Indonesia. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Festival yang dibuka oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI Teten Masduki ini dimeriahkan 15.000 pemilik warung dan 5000 pengunjung. Salah satunya Noni Angela, ibu satu anak ini membawa teman-temannya ke sini untuk bersenang-senang di akhir pekan.

“Seru karena di sini satu tempat kita bisa lihat banyak macam makanan jadi nggak usah ke mana mana. Kita bisa seru-seruan bareng sambil jalan-jalan," seru Noni.

(BACA JUGADemi Bisa Bayar Sekolah, Remaja Ini Enggak Gengsi Berjualan Cilok)

Festival Gerakan Warung Nasional  berlangsung pada tanggal 14-15 Desember. Masuk ke Festival ini gratis agar masyarakat dari seluruh kalangan dapat menikmati berbagai kegiatan menarik dan experience booth seperti area Main-Main di Warung, Santai di Warung, Jajanan Warung, Museum Warung dan lainnya.

ADITYA MUSTAQIM I NUGRAHANTO MARGO

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments