hero
(ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

EDITOR : REZA PAHLEVI

13 Desember 2019, 22:00 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Presiden Joko Widodo melantik sembilan Dewan Pertimbangan Presiden atau Wantimpres di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat, 13 Desember 2019.  Dari kesembilan nama tersebut  mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto ditunjuk sebagai Ketua Wantimpres.

Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) periode 2019-2024, Wiranto (kiri) usai pelantikan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat 13 Desember 2019.  (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Sementara delapan orang lainnya dari kalangan pengusaha, politisi hingga tokoh agama.  Kedelapan tersebut Dato Sri Tahir, M. Mardiono, Putri Kus Wisnu Wardani, Arifin Panigoro, Agung laksono, Sidarta Danusubroto, Soekarwo dan Habib Luthfi bin Yahya.

Menurut Presiden Jokowi pemilihan para tokoh ini berdasarkan pada rekam jejak, pengalaman, kapabilitas dan integritas tokoh. 

“Inikan dibidang masing-masing, ada berkaitan dengan sosial, keagamaan, Habib Luthfi, ekonomi misalnya Pak Dato Tahir, misalnya berkaitan dengan ekonomi kecil Bu Putri, ini campur-campur,”  ujar Presiden Jokowi.

Namun dari kedelapan tokoh ini tidak ada nama Ketua umum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang. Pria yang dikenal dengan OSO tersebut menolak menjadi  bagian dari wantimpres saat ditawari oleh Presiden Jokowi.

“Pak Oesman Sapta Odang memang semula kami pilih, tetapi karena memang dalam wantimpres tidak boleh merangkap berkaitan dengan politik sehingga Pak Oesman Sapta tadi pagi menyampaikan ke Mensesneg, bahwa beliau lebih mencintai partai sehingga tidak mau dan mundur dari Wantimpres,” ucap Presiden Jokowi

Baca Juga: (Pencak Silat Indonesia Sah Jadi Warisan Budaya Unesco)

Presiden Jokowi berharap wantimpres yang telah dilantik bisa memberikan nasihat dan masukan kepada presiden baik diminta maupun tidak.

ENDA TARIGAN | ANAN SURYA

 

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments