hero
Mobile Legends: Bang Bang adalah sebuah permainan MOBA yang dirancang untuk ponsel. (Moontoon)

EDITOR : OCTOBRYAN

11 Desember 2019, 12:30 WIB

INDONESIA

Hai Good People, selain setia dengan media sosial, pengguna Android dan IOS juga sangat menggemari gim.  Dari sekian banyak mobile gim yang diluncurkan pada tahun ini, beberapa di antaranya mencuri perhatian banyak orang. Entah itu karena grafisnya bagus atau gameplay-nya tidak membosankan.

Dari sekian banyak pilihan, tentunya kamu punya gim favorit yang tiap hari kamu mainkan. Nah, kali ini NET.Z coba merilis daftar gim paling banyak dimainkan sepanjang tahun 2019. Ini dia daftarnya:

 

1PUBG Mobile

PUBG Mobile. (Flickr)

Gim battle royale populer garapan Tencent Mobile ini memiliki ukuran sebesar 2 GB. Rilis dalam platform Android pada 2018 lalu, gim ini mengusung mode multi player. Seperti yang diketahui, pemain harus bertarung melawan 99 orang pemain lainnya sekaligus secara daring.

Di dalam PUBG Mobile, pemain bisa bermain secara solo atau membentuk tim yang berjumlah 2 orang ataupun 4 orang. Kamu akan menjadi pemenang jika bisa bertahan hidup selama permainan berlangsung hingga seluruh pemain lainnya kalah.

PUBG Mobile telah diunduh sebanyak lebih dari 100 juta kali dan tersedia gratis di Google Play Store dan Apple Apps Store.

2Call of Duty

Gim Call of Duty merupakan gim PC sebelum mencoba peruntungan di mobile apps. (Tencent)

Gim bergenre battle royale ini sangat digemari. Buktinya, dalam dua bulan setelah peluncurannya, gim ini sudah didownload lebih dari 172 juta unduhan dengan pendapatan $ 87 juta.

Dalam blognya, Sensor Tower melaporkan, Game Call of Duty: Mobile memang terbilang sukses. Amerika Serikat merupakan negara penyumbang angka unduh terbesar, gim ini sudah diunduh 28,5 juta kali, disusul oleh India dengan 17,5 juta unduhan dan Brazil dengan 12 juta unduhan.

Unduh terbanyak berasal dari Android dengan jumlah 89 juta kali atau setara 52%. Sementara unduh lewat iOS mencapai 48%.  Bahkan Call of Duty Mobile menjadi gim ponsel pertama yang paling cepat meraih 100 juta total unduhan, dalam waktu satu minggu setelah diluncurkan secara global.

Asal tahu saja, Waralaba Call of Duty: Mobile dipegang oleh Activision Blizzard. Gim daring versi mobile Call of Duty diluncurkan oleh Tencent Holding dan di Asia Tenggara dikelola oleh Garena yang masih memiliki hubungan dengan Tencent.

3Mobile Legend

Mobile Legends: Bang Bang adalah sebuah permainan MOBA yang dirancang untuk ponsel. (Moontoon)

Mobile Legends adalah gim yang dikembangkan dan dirilis oleh Moontoon developer. Gim ini dapat dimainkan di platform mobile Android dan iOS dan sukses mencuri perhatian para gamers di Indonesia sejak tahun 2016.

Game Mobile Legends masih menjadi gim terpopuler di perangkat selular. Bahkan, gim ini resmi ditampilkan untuk ajang dipertandingkan di ajang Sea Games 2019.

Mobile legends telah melewati penghasilan $ 200 juta dalam pembelanjaan global sejak gim diluncurkan bulan November tahun 2016 silam.

Amerika Serikat menjadi negara ketiga pasar terbesar gim Mobile Legends, dengan pembelanjaan sebesar 12 persen dari total penghasilan Moonton. Dua negara lainnya dimana mobile legends sangat popular adalah Indonesia dan Malaysia.

4Garena Free Fire

Pada pososi ke 4 ada Garena Free Fire. Gim ini berhasil mencapai pertumbuhan mengesankan dibandingkan gim battle royale lainnya. Dirilis November 2017 oleh developer 111 dot Studios, gim ini telah diunduh lebih dari 100 juta pengguna.

Pada kuartal terakhir 2019 saja, gim ini berhasil mendapatkan 73 juta pengguna baru di Google Play dan App Store.
Setiap permainan berlangsung 10 menit, saat itu kamu akan ditempatkan bersama 49 pemain lain di sebuah pulau.
Pemain yang tetap hidup dan berada pada zona aman terakhir dinyatakan sebagai pemenangnya.

5Arena of Valor

AOV memiliki sedikitnya 67 hero yang bisa kamu mainkan. Masing-masing hero ini memiliki jurus atau skill andalan yang bisa kamu pilih sesuai keinginan kamu. (toolsandtoys.net)

Bro n sis pasti udah nggak asing lagi kan sama yang namanya gim MOBA bernama AOV? Yaps! Arena of Valor, atau yang lebih dikenal sebagai AOV, adalah permainan player-vs-player (PVP) online yang bisa kamu mainkan secara gratis di smartphone.

Cara bermain yang mudah, mirip dengan Mobile Legends.  Kelebihan dari game ini dengan memiliki grafis yang keren tapi ukuran gim ini ringan alias kecil jadi tentu ini akan membuat nyaman ketika dimainkan.

Beberapa waktu lalu, AOV telah menambahkan hero dari DC Comics seperti Batman, Superman, Flash, dan Wonder Woman.

Selain hero internasional, kamu juga bisa bermain AOV menggunakan hero legendaris asli Indonesia yang super kocak. Yap! Betul banget, kamu bisa menggunakan hero Wiro Sableng lengkap dengan Kapak Naga Geni 212 andalannya

Nah, mungkin selama ini yang kamu tahu tentang AOV hanyalah game berantem, adu jurus, dan saling rebut tower. 

Padahal, masih ada lho fakta-fakta menarik di balik permainan yang berhasil menarik minat jutaan pengguna dari seluruh dunia ini. Penasaran? coba unduh dan mainkan gimnya.

BAGUS DHARMAWAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments