hero
(NET/Aris Satya)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

10 Desember 2019, 14:05 WIB

KOTA SURABAYA, INDONESIA

Jalan-jalan ke Surabaya jangan sampai melewatkan untuk mencoba salah satu kuliner legendaris khas Timur Tengah. Namanya Kambing Oven Madinah. Lokasinya ada di sekitaran Karang Ampel tepatnya di Jalan KH Mas Mansyur No.1, Nyamplungan, Pabean Cantian. Posisinya gangnya ada persis sebelum Hotel Sofyan Inn Grand Kalimas.

Sesampainya di lokasi, kamu akan melihat rumah makan yang tampilannya sederhana. Tapi jangan tertipu, di dalamnya ada makanan istimewa. Suasana di dalam rumah makan Madinah ini ‘homie’ banget. Rasanya seperti mampir ke rumah tetangga untuk numpang makan.

(NET/Aris Satya)

Kambingnya diolah dengan rempah pilihan. Setelah siap, kambing di-oven selama tiga jam sampai matang. Nah, saat akan mau dipesan, nanti kambing oven ini akan dibakar lagi dan disajikan lengkap dengan bumbu kacang, bawang merah, jeruk nipis, dan kecap.

Rasa kambing oven ini, joss! Sama sekali tidak berbau dan tidak berlemak. Ukuran kambingnya pun besar serta banyak dagingnya. Selain itu, tidak ada penggunaan santan ataupun jerohan sewaktu kambing diolah jadi makin sip deh!

(NET/Aris Satya)

Untuk melengkapi cita rasa Timur Tengah warung ini menjual nasi kebuli. Tapi jangan khawatir menu nasi putih juga ada kok. Harga seporsi kambing oven juga cukup murah, hanya Rp60 ribu rupiah. Cukup murah untuk makanan khas Timur Tengah.

Selain kambing oven di Depot Madinah juga ada sate kambing, gule, dan krengsengan kambing. Nah kalau mau beli oleh-oleh ala Arab juga ada di sini, mulai dari roti maryam, sambosa, sampai kopi Arab yang kaya rempah.

Depot Madinah ini didirikan oleh Luthfi Bayaksut dan istrinya pada tahun 1972. Ceritanya saat ibadah haji, dia terinspirasi dengan penjual kambing asap di Mekkah yang memasak kambing dengan gerabah yang diasapi. Sejak dibuka, langganan yang datang sudah banyak sekali. Bahkan ada yang sudah turun-temurun menjadi pelanggan depot Madinah.

ARIS SATYA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments