hero
Perdana Menteri Finlandia termuda, Sanna Marin. (wikimediaSanna_Marin)

EDITOR : OCTOBRYAN

10 Desember 2019, 12:20 WIB

FINLANDIA

Partai penguasa parlemen Finlandia, Partai Sosial Demokrat (SDP) menunjuk seorang perdana menteri baru untuk memimpin pemerintahan di negara paling bahagia di Dunia 2019, versi World Happinness Report tersebut.  

Sosok yang dipilih mengisi jabatan perdana menteri adalah Sanna Marin. Sosok ini bahkan diyakini sebagai pemimpin paling muda di dunia karena masih berusia 34 tahun.

Sanna Marin (tengah) Perdana Menteri termuda Finlandia, berusia 34 tahun. (Instagram @sannamarin) 

Marin terpilih untuk memimpin Finlandia setelah PM sebelumnya, Antti Rinne, mengundurkan diri. Rinne terpaksa mengundurkan diri setelah salah satu partai koalisi menyatakan mosi tidak percaya  pasca penanganan gelombang aksi mogok kerja massal, seperti dikutip dari Reuters, Senin 9 Desember 2019.

Marin sejatinya masih menjabat sebagai Menteri Transportasi saat ditunjuk jadi PM. Karier politik ibu satu anak ini mengalami peningkatan pesat di Finlandia sejak ia menjabat kepala dewan kota di kota asalnya, Tampere, pada usia 27. 

Perdana Menteri Finladia Sanna Marin, berusia 34 tahun. (Instagram @sannamarin)  

Dengan menjabatnya Marin sebagai PM, Ia diyakini sebagai pemimpin paling muda di dunia. PM Ukraina Oleksiy Honcharuk menjabat pada usia 35 tahun. Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menjabat pada usia 35 tahun.

Marin akan mengambil alih kendali Finlandia karena berada di tengah gelombang aksi mogok tiga hari yang melumpuhkan produksi bagi banyak perusahaan terbesar di negara Skandinavia itu.

(BACA JUGABangun Gojek dan Jadi Menteri, Nadiem Makarim Masuk TIME 100 Next)

Menurut Konfederasi Industri Finlandia, aksi mogok massal itu ditaksir akan membuat perusahaan Finlandia kehilangan 500 juta euro atau Rp 7, 75 triliun.

"Kami memiliki program pemerintah bersama yang mengakomodir kebijakan koalisi bersama," kata Sanna Marin dalam jumpa pers kepada wartawan.

BAGUS DHARMAWAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments