hero
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menikmati kuliner. (@Youtube Ganjar Pranowo)

EDITOR : OCTOBRYAN

6 Desember 2019, 15:00 WIB

KOTA SEMARANG, INDONESIA

Jalan-jalan ke Semarang, jangan lewatkan kulinernya. Ragam makanannya mungkin enggak bisa kamu temukan di kota lainnya, karena cita rasa kuliner di kota ini memiliki aroma yang khas dan berbeda. 

Nah, buktinya aja Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga sering nih mengabadikan momen-momen berkuliner di Kota Semarang dalam kanal channel youtube pribadinya. Ehm, emang apa aja sih makanannya?

Bagi yang penasaran, jangan khawatir NET.Z merangkumnya untuk kamu.

1Warung Makan Sederhana

Sesuai namanya, warung makan yang terletak di jalan Sisingamaraja ini memberikan variasi menu rumahan sederhana. Eits, meski sederhana dan murah meriah tapi jangan salah, tempat makan ini menjadi favorit Ganjar loh. Dalam vlognya. Politisi PDI-P itu memesan sayur lodeh dan orak-arik pindang.  

Dengan lahap menyantap makan siangnya, Gubernur Jawa Tengah itupun mengacungkan jempol sambil berujar “orak-arik pindang, pindangnya di orak-arik pedes asin.” 

Wah, jadi laper ya, jadi mau nyobain nih.

2Nasi Goreng Babat Pak Karmin

Bagi yang sering berkunjung ke Ibu kota Jawa Tengah pasti sudah enggak asing sama kuliner legendaris yang satu ini, Nasgor Babat Pak Karmin. 

Rasanya yang khas, membuat makanan ini bertahan selama hampir lima dekade sejak tahun 1971 silam. Pak Karmin memulai usaha sejak berumur 22 tahun dengan menjual menu andalan nasi goreng babat gongso.

Demi menciptakan rasa babat yang lezat, dagingnya dicuci berkali-kali dan diolah dengan bumbu rahasia keluarga. Meski sajiannya sederhana, daging babat yang empuk berhasil menyatu dengan rasa pedas manis dari kecapnya, ehm enak banget. Jadi, enggak salah ya kalau nasi goreng ini menjadi salah satu makanan yang direkomendasikan oleh Ganjar Pranowo. 

Oh ya, bagi yang belum pernah mencoba bisa langsung saja datang ke kawasan Jembatan Mberok, Semarang. Untuk harganya sendiri sekitar Rp 25 ribu, cukup terjangkau ya. Sst, ngomong-ngomong dalam sehari Pak Karmin bisa menjual sekitar 600 piring nasi goreng loh. Jangan sampai kehabisan. 

3Warung Selat Solo Gubernuran

Tak jauh, dari kantornya, ternyata ada juga tempat makan favorit Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Tepatnya di jalan Menteri Supeno yaitu Warung Selat Solo Gubernuran. 

Selat solo itu bukan nama selat atau nama tempat loh, tapi nama makanan asli Indonesia. Kalau belum tahu, selat solo itu bisa dibilang sebagai stik jawa. Enggak kalah enak kok dibanding stik yang biasa kita kenal, apalagi selat solo memiliki rasa yang lebih bersahabat dengan lidah orang Indonesia. 

Bumbunya lebih bersahabat dengan lidah oranb Indonesia yaitu siraman kuah encer dari bawang putih, cuka hingga kecap. Semakin menggiurkan karena ada tambahan sayur seperti buncis, kentang, tomat, selada, mentimun, kol dan juga brokoli. 

4Sate Sapi Pak Kempleng

Beberapa daerah di Indonesia mempunyai olahan sate yang khas. Kalau di Purwakarta ada namanya sate Marangi, kalau di Nusa Tenggara Timur punya namanya sate Rembiga. Nah, di Semarang Jawa Tengah juga punya sate enak yang tak kalah terkenal yaitu sate Pak Kempleng Ungaran.

Lokasinya di ruas jalan utama Ungaran, Kabupaten Semarang. Nah konon nama Pak Kempleng ternyata sudah mulai dikenal sejak tahun 1960. Resep sate sapi Pak Kempleng akhirnya di estafetkan ke beberapa keturunannya hingga sekarang. 

Nah, Sate Kempleng bu Hartini merupakan favorit gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo nih. Hal itu terbukti dari ucapannya dalam vlog di kanal youtube pribadinya, “Ehm sapi betul dateng kesini rasakno sate sapi kempleng”. 

Satu porsi sate sapi Pak Kempleng ini dijual seharga Rp 55.000 berisi 10 tusuk. Kamu juga bisa memesan satuan dengan harga Rp 5.500 per tusuk untuk tiap jenis sate. 

LARAS PUSPITORINI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments