hero
E-Bike H6L White-6 speed (Brompton.com)

EDITOR : OCTOBRYAN

6 Desember 2019, 20:30 WIB

INDONESIA

Baru-baru ini nama sepeda Brompton viral di jagat maya usai petugas Direktorat Jenderal Bea Cukai menggagalkan penyeludupan ilegal dua unit sepeda Brompton beserta satu unit motor Harley Davidson dalam pesawat Garuda Indonesia yang baru saja tiba dari Perancis.

Bukan tanpa alasan sepeda asal Inggris itu diselundupkan. Sebab, Brompton termasuk sepeda yang harganya mahal,  Dalam katalog resmi Brompton, untuk spesifikasi paling rendah harganya mencapai 900 Poundsterling atau Rp 16 juta. Sedangkan harga termahal dibanderol Rp 90.000.000. 

Namun bukan cuma Brompton saja yang harganya selangit lho, berikut ini beberapa diantaranya :

1Tern BYB

Sepeda Tern BYB S11 (bikefolded.com) 

Memegang gelar sebagai sepeda lipat terkecil di dunia, ukurannya 30 persen lebih kecil dari sepeda lipat lain yang rata-rata berukuran 20 inch. Walau lipatannya tidak sebaik Brompthon, sepeda merk Tern ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Harganya sendiri $ 1.295 atau sekitar Rp 18 juta untuk seri Tern BYB P8, dan $ 2.495 atau sekitar Rp 35 juta untuk seri Tern BYB S11.

2Airnimal Joey Endurance Plus

Joey Endurance Elite (Airnirmalfoldingbikes)

Berbahan serat karbon, lengkap dengan roda berukuran 26 inch membuat sepeda ini cocok untuk perjalanan jarak jauh. Sayangnya, perlu waktu cukup lama untuk melipatnya, sekitar 10 menit. Harganya sendiri £ 2499 per unitnya, atau sekitar Rp 46 juta.

3Prodrive Hummingbird Bike

Sepeda karya produsen asal Inggris ini diklaim sebagai sepeda lipat teringan di dunia dengan bobot hanya 6.9 kg, lebih ringan 3 kg dari sepeda lipat yang beredar saat ini.

Tidak hanya ringan, sepeda ini juga menjadi sepeda lipat tercepat, berbekal three-step folding mechanism, konsumen hanya butuh waktu 5 detik untuk melipat sepeda ini. Harga per unitnya £ 3495 atau sekitar Rp 65 juta.

4Dahon Clinch

Dahon Clinch D10 (Bikeis Dahon)

Sepeda lipat ini diproduksi oleh produsen sepeda terbesar di dunia asal California, Amerika Serikat. Harganya juga bervariasi, yang termahal adalah seri Dahon Clinch D20 yang harganya $ 2000 Amerika, atau sekitar Rp 27 juta, diikuti D10 dan Ultra X yang kisaran harganya $ 5000 Amerika, atau sekitar Rp 70 juta.

Bagaimana? apakah kamu tertarik mengoleksi semuanya? 

NUGRAHANTO MARGO

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments