hero
Kluwih Sunda favorit Presiden Joko Widodo kala berkantor di Istana Bogor. (Instagram @kluwih_sundaauthentic)

EDITOR : OCTOBRYAN

5 Desember 2019, 18:05 WIB

KOTA BOGOR, INDONESIA

Video tentang kuliner punya daya tarik buat banyak orang. Apalagi kalau video itu dibuat oleh seorang presiden seperti Joko Widodo.   

Lewat akun Youtube, episode vlog #JOKOWIKULINER Makan-Makan di Bogor, mantan Gubernur DKI Jakarta ini menampilkan tiga kuliner favorit yang kerap disantapnya. 

Nah, kali ini NET.Z akan mengulas satu persatu rekomendasi kuliner versi Presiden Joko Widodo:

 

1Kiki Martabak

Kuliner Bogor rekomendasi Presiden Jokowi yang pertama adalah Martabak dan Bakso Kiki. 

Kunci nikmatnya produk lokal ini terletak pada racikan resep sang pemilik, Kiki Sanjaya. Makanan diolah menggunakan bahan-bahan segar berkualitas, tanpa bahan pengawet. Ciri-ciri martabak yang bagus yaitu saat dimakan tidak lengket di gigi, punya tekstur lembut, dan warna kulit martabak yang bagus. 

Tidak hanya martabak, Kiki juga mempunyai kuliner bakso. Pilihan daging berkualitas dan resep kuah baksonya bisa menggugah selera. Hmmm, kebayang gak sih nikmatnya makan martabak dan bakso sembari manikmati sejuknya udara Kota Bogor.

Martabak dan Bakso Kiki ini semakin terkenal sejak Jokowi meminta pesanan untuk dibawa ke Istana Bogor, biasanya kalau ada rapat kabinet hingga kunjungan tamu negara.

Menu ini bisa kamu temui di Jalan Pahlawan Nomor 35A, RT 01 RW 10, Bondongan. Untuk bisa menikmati martabak ini kamu perlu merogoh kocek mulai dari Rp 32 ribu hingga Rp 140 ribu. Untuk menu lain seperti aneka bihun dan mie ayam baso seharga Rp 18 ribu hingga Rp 40 ribu per porsinya. 

 

2Kluwih Sunda

 

Masih di Bogor, Jawa Barat, tepatnya di Jalan Binamarga II No.27, ada restoran Kluwih yang juga jadi rekomendasi kuliner Bogor ala Presiden Jokowi.

Suasana nyaman dan rasa makanan otentik yang ditawarkan restoran ini jadi daya tarik tersendiri buat pecinta kuliner sunda. 

Kalau ke restoran ini, Presiden Jokowi biasanya memesan ayam goreng, tahu, tempe, sambal, lalapan, cah jantung pisang, dan tahu gejrot.

Dengan menu minuman favoritnya yaitu jeruk panas dan es tape kluwih. Hmm cocok buat menu makan siang bareng keluarga nih, ya.

Harga makanan disini bervariasi, mulai dari Rp 7ribu hingga Rp 72ribu per porsinya.

 


Laka-laka dalam Bahasa Tegal artinya tidak ada duanya. Sunarto, pemilik sate tegal Laka-Laka ini mengolah makanannya memakai bahan baku pilihan, seperti kambing muda dan memakai bahan tenderloin untuk sate sapi. 

Untuk mendapatkan kualitas bagus, daging yang selesai dipotong lalu digantung. Kemudian pisahkan daging yang bagus dengan daging yang kurang bagus.

Setelah selesai diturunkan, lalu dipajang. Daging yang dipajang jadi bukti bahwa tempat makan ini menyajikan kambing segar setiap harinya. 

Saat sate tegal ini tersaji di Istana Bogor, Presiden Jokowi memilih sate kambing berlemak karena satenya lebih wangi. Sementara Iriana Widodo menikmati menu favorit yaitu tengkleng. 

Untuk menikmati sate kambing ini kamu bisa datang ke Jalan KH Sholeh Iskandar 25, Kota Bogor.

Harga makanan di sini mulai Rp 50 ribu per porsinya, atau kalau mau mencoba menu tengkleng mulai dari Rp 31 ribu per porsinya. 

Presiden Jokowi sudah merekomendasikan sate ini karena rasanya yang nikmat, yang disampaikan ketika menjamu para tamu di istana. Kamu tertarik mencicipinya?

ESTHER CRAMER

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments