hero
Dua pelaku Tindak Pidana Perdagangan Orang dengan modus pengantin pesanan diamankan Petugas Imigrasi I TPI Bandung. (NET\Jimmy)

EDITOR : OCTOBRYAN

4 Desember 2019, 21:05 WIB

CIMAHI, INDONESIA

Petugas Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung mengamankan dua pelaku Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) bermodus pernikahan antar negara.

Dalam aksinya, pelaku bernama Erlin Martiningsih ini mengiming-imingi sejumlah uang pada calon korbannya agar bersedia dinikahkan dengan pria Tiongkok. Sementara itu, pelaku lain bernama Jin Shixiong mencari calon mempelai pria di Tiongkok . Ia pun meminta uang kepada mereka dan dijanjikan dapat menikah di Indonesia.

Dua pelaku tindak pidana perdagangan orang diamankan Petugas Kantor Imigrasi I TPI Bandung. (NET\Jimmy) 

Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Imigrasi I TPI Bandung Yosa Anggara mengatakan, kasus ini merupakan pengembangan atas penangkapan satu warga negara Tiongkok lain bernama Shao Dongdong yang sudah disidangkan di Pengadilan Negeri I Bale Bandung, Jawa Barat.

"Modus perekrutannya sama, mereka mendatangi korban dengan membawa foto calon mempelai dengan iming-iming sejumlah mahar," ujar Yoza kepada NET.Z di Kantor Kejaksaan Negeri Cimahi, Jawa Barat, Selasa 3 Desember 2019.

Kedua tersangka diduga terlibat dalam tindak pidana perdagangan orang dengan modus pernikahan antarnegara secara ilegal. (NET\Jimmy)

Yoza mengungkapkan, saat ini pihaknya sudah menyelamatkan dua calon korban yang akan dijual pelaku ke Tiongkok. Mereka masing-masing berstatus mahasiswi salah satu perguruan tinggi swasta di Bandung dan seorang lagi pekerja lepas.

"Mereka kami amankan sebelum berhasil diterbangkan ke Tiongkok," Ungkap Zoya.

(BACA JUGAKehabisan Uang, Banyak Turis Asing Mengemis dan Mengamen di Negara Ini)

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, keduanya kini mendekam di jeruji dan dijerat pasal 120 ayat 1, Undang-Undang Nomor Tahun 2011 tentang Keimigrasian, dan terancam hukuman penjara, minimal lima tahun dan maksimal lima belas tahun.

JIMMY MARTINO | ENDA TARIGAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments