hero
(NET/ Prayudha)

EDITOR : SUWARDI ROSADI

4 Desember 2019, 12:00 WIB

MAKASSAR, INDONESIA

Angin mamari ku pasang

Pitujui tongtongana

Tusarua takka lupa

Eaule na mangu rangi

Tutenaya, tutenaya parisina

Lagu Anging Mamiri indentik dengan Kota Makassar, Sulawesi Selatan, mengisahkan seorang perempuan yang merindukan simpati dari kekasihnya, dan berakhir dengan pertemuan mengharukan.

Sebuah lagu yang sering dinyanyikan anak anak suku Bugis dengan riang gembira, namun kisah yang dialami oleh SR, gadis belia asal Jalan Adiyaksa 1, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan berbeda.

Sudah 3 tahun lamanya, gadis berumur 9 tahun ini biasa terlihat jualan tissu, mengemis dan bermain main dengan anak anak jalanan sebayanya di kawasan Mal Panakukkang. Bukan karena yatim piatu anak usia sekolah ini mencari uang, SR justru tidak mendapat simpati dari orang tuanya, yang malah sering memaksa dan memarahinya untuk mengemis tiap hari.

Ibu SR terekam kamera amatir sedang menghitung uang yang dirampasnya dari SR (NET/ Prayudha)

Kelamnya kehidupan salah satu anak Indonesia ini viral, dalam video yang beredar di jagat maya, ibu kandungnya tertangkap kamera sedang menganiaya SR di perempatan Jalan Adhiyaksa, Kota Makassar. Kisah memilukan ini diceritakan oleh SR, saat ikut bersama ibunya yang ditangkap polisi dari kediamannya.

“Umur saya sekarang 9 tahun, dan sudah kelas tiga. Saya dipukul saat uang arisan saya ambil, karena saya lapar saya belikan bakso,” ujar SR di Polsek Panakukkang, Kota Makassar kepada NET, Selasa 03 Desember 2019.

BACA JUGA:

Pelaku Paksa Anak Mengemis untuk Arisan Ditangkap

Dari berjualan tissu di jalanan, SR biasa mendapatkan uang per harinya sekitar Rp 20 ribu, semuanya dia berikan untuk sang ibu.

“Sering di lampu merah, cari uang beras untuk mama. Mama saya sering marah-marah, karena disuruh beli sabun pake uang mama.Dari kelas satu SD saya di sana jualan tissu sama teman dan tidak dilarang mama ke sana. Uang yang saya dapat Rp 20 ribu untuk beli beras.” Kisah SR.

 

PRAYUDHA

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments