hero
(NET/ Irvan Maulana)

EDITOR : SUWARDI ROSADI

2 Desember 2019, 11:05 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Korban pedofilia TS mendapat kekerasan seksual lebih dari satu kali oleh tetangganya, korban diketahui mengalami pendarahan hebat oleh neneknya pada akhir tahun 2018.

Menurut Psikolog, Vera Itibiliana, Kejadian yang menimpa TS nantinya akan berdampak besar pada keberlangsungan hidupnya, walau tidak secara langsung, dibutuhkan pendamping baik dari orang tua maupun psikiater, yang dilakukan secara bertahap dan terus menerus.

 “Ketika dia bertambah usia, dia akan memahami peristiwa yang sudah terjadi ini secara berbeda karena tingkat pemahaman atau tahapannya, dan kemauan dia untuk memahami peristiwa ini berubah berjalan dengan usianya dan itu bisa menimbulkan emosi yang tertentu yang mungkin sekarang setelah kejadian tidak keluar, sehingga dia butuh pendamping yang continue,” ujar Psikolog Vera Itabiliana, kepada NET.

Baca juga:

Korban Pedofilia Terserang Kanker Stadium 4

Vera menambahkan, agar kejadian serupa tidak terulang diperlukan perlindungan dan pembekalan seks sejak dini dari orang tua. Lingkungan juga berperan dalam melindungi keselamatan anak dan perempuan, karena menurut Vera, kejadian seperti yang menimpa TS ini biasanya terjadi karena kurangnya pengawasan orang tua.

Psikolog Vera Itibiliana menanggapi kasus pedofilia di Padang kepada NET di Jakarta, Jumat, 29 November 2019. (NET/ Irvan Maulana)

 “Akan sulit bagi anak ketika dia tidak mendapat bekal apapun, agak sulit untuk anak menolak perlakuan orang kalau misalnya dia tidak tahu bagian tubuh boleh atau tidak dipegang oleh orang lain apalagi yang namanya Pedofil pasti mereka sudah melakukan usaha usaha tertentu untuk mendekati anak anak sehingga anak merasa senang sehingga anak merasa nyaman berdekatan dengan dia.” Tambah Vera.

LUCY OLOAN | IRVAN MAULANA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments