hero
(NET/ Noval Yulhendri)

EDITOR : ANDI LALAN

27 November 2019, 14:10 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Di Jakarta fungsi trotoar tak sepenuhnya untuk para pejalan kaki, tetapi justru beralih fungsi sebagai tempat berjualan oleh para pedagang. Seperti yang terjadi di sekitar Jalan Matraman, Jakarta Timur. Para pejalan kaki pun banyak yang mengeluh dengan keberadaan pedagang yang menganggu kenyamanan.

“Banyak keluhan warga yang sulit untuk berjalan kaki menjadi faktor utama penertiban. Jadi trotoar harus kosong agar fungsinya dapat dikembali,” ujar Sadikin, Kepala Satpol PP Kec. Jatinegara.

Satpol PP Jaktim Tertibkan PKL di Trotoar Jatinegara, Senin 25 November 2019  (NET-Nova Yulhendri)

Hampir separuh dari lebar trotoar di sini menjadi area dagang yang menganggu kenyamanan para pedestrian. Meski telah sering mendapat peringatan dari petugas, para pedagang kaki lima seolah tak jera demi mendapat keuntungan.

Senin, 25 November 2019 lalu, petugas Satpol PP Kecamatan Jatinegara kembali menertibkan pedagang yang membandel. Petugas juga memberikan peringatan tegas agar para pedagang tidak lagi mencaplok hak para pejalan kaki.

Petugas Satpol PP Jaktim Berikan Pengarahan Kepada Pedagang 

Penertiban ini rencananya akan terus dilakukan hingga tempat relokasi para pedagang rampung dibangun oleh Pemkot Jakarta Timur. Dari lebar trotoar sekitar 6 meter, sebagaian besar telah dimanfaatkan para pedagadang untuk menempatkan barang dagangan mereka. Mayoritas pedagang yang mencaplok trotoar adalah pedagang hewan peliharaan, dan pedagang kaki lima.

NOVA YULHENDRI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments