hero
Ratusan KK Buang Tinja ke Selokan (NET/ Ervand Lugina)

EDITOR : SUWARDI ROSADI

27 November 2019, 12:30 WIB

GARUT, INDONESIA

Awal bulan Oktober 2019 terungkap fakta ada 21 kepala keluarga (KK) di Kelurahan Tanjung Duren Utara, Jakarta Barat membuang tinja ke selokan, kondisi yang terjadi di Ibukota negara tersebut hanya cerminan kecil dari kenyataan di daerah. Salah satunya di Kampung Sukamanah, Desa Wanakerta, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, sebanyak 330 KK masih membuang tinja ke selokan, yang mengalir melintasi permukiman menuju sungai dan sawah.

Saluran Pembuangan Tinja Warga Langsung ke Selokan (NET/ Ervand Lugina)

Sempitnya lahan dan faktor ekonomi, membuat 90 rumah warga di Kampung Sukamanah tidak memiliki tangki pembuangan kotoran atau septic tank. Kondisi ini sudah berlangsung puluhan tahun lamanya. “Semua masyarakat disini buangnya ke kolam atau sungai, jamannya begitu, walaupun sebagian punya WC, yang tanahnya maksimal pasti punya. Disini tanahnya pas-pasan, lahan itu terbatas, tanahnya miring, jadi susah buat septic tank.” ujar Muhammad Dahlan, warga Kampung Sukamanah.

Melihat kondisi kampung seperti itu, Sunarkawan, Kepala Desa Wanakerta, berusaha membangun septic tank raksasa yang dapat menampung pembuangan limbah rumah tangga dan kotoran untuk warga sekampung. Anggarannya diambil dari dana desa tahap ketiga 2019 , yang menghabiskan dana diatas Rp.75 juta. “Septic Tank umum itu saya bikin ukuran 4x6 meter untuk melayani satu RW, di RW 7 itu semua rumah ada WC tapi tidak ada septic tank, makanya saya bikin untuk mengurangi pencemaran lingkungan.” tutur Kepala Desa Wanakerta, Sunarkawan ketika diwawancarai NET, Senin, 25 November 2019.

Septic Tank Raksasa Dibangun Memenuhi Kebutuhan Masyarakat (NET/ Ervand Lugina) 

Baca juga: 

Tangki Tinja Raksasa Pecah

unarkawan memperkirakan, pembangunan tangki pembuangan kotoran massal ini akan rampung pada pertengahan bulan Desember 2019.

ERVAND LUGINA

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments