hero
Septic Tank Raksasa Pecah (NET/ Bachtiar Huamual)

EDITOR : SUWARDI ROSADI

27 November 2019, 14:05 WIB

AMBON, INDONESIA

Kasus meledaknya septic tank di Cakung, Jakarta Timur yang merenggut 1 korban jiwa pada 5 November 2019 menjadi pelajaran berharga bagi warga yang kini tengah membangun septic tank. Bukan tanpa ancaman, jika tangki pembuangan limbah kecil saja bisa meledak, bagaimana jadinya jika tangki pembuangan tinja dalam ukuran raksasa pecah?

Sebuah septic tank raksasa di Kelurahan Benteng, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Maluku pecah. Kotoran tinja meluber dan mencemari lingkungan tempat tinggal warga.

Tidak hanya septic tank, saluran pembuangan limbah tinja juga pecah (NET/ Bachtiar Huamual)

Selama tiga pekan, warga Kelurahan Benteng dibuat tersiksa oleh air tinja dengan bau busuk menyengat, sehingga warga harus membersihkan limbah tinja yang masuk ke dalam rumah setiap hari, sementara untuk air tinja di halaman rumah dibiarkan begitu saja karena jumlahnya yang banyak.

Baca juga: 

Ratusan KK di Garut Buang Tinja ke Selokan

Pecahnya septic tank raksasa ini telah dilaporkan warga ke Dinas PU Provinsi Maluku, namun hingga kini belum ada penanganan serius.“Kondisinya parah sekali Pak, sudah tidak kuat lagi, baunya sudah sampai di dalam rumah, dua minggu sudah lapor RT tidak ada hasilnya, saya sudah tidak mampu menghadapi ini lagi, kondisi rumah su kaya begini katong bisa mati.” Ujar Odi Kakisina, warga Kelurahan Benteng, Kota Ambon saat diwawancarai NET, Selasa, 26 November 2019 .

Septic tank ini dibangun oleh Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Maluku,  tangki dan saluran tinja ini pecah dan meluber karena tidak adanya perawatan selama 3 tahun terakhir.

BACHTIAR HUAMUAL

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments