hero
(NET/Satu Indonesia)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

27 November 2019, 11:15 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Kabar duka menyelimuti dunia usaha, Chairman sekaligus Founder Ciputra Group, Ciputra meninggal dunia di Singapura. “Telah meninggal dunia dengan tenang, Bapak Ir Ciputra, Chairman dan Founder Ciputra Group di Singapore pada tanggal 27 November 2019 pukul 1:05 waktu Singapura,” seperti yang disampaikan Corporate Communication Ciputra Grup.

Dikabarkan di beberapa waktu terakhir Ciputra memang sedang menjalani perawatan cuci darah di Negeri Singa tersebut. Rencananya, jenazah Ciputra akan dikebumikan di Indonesia. Lahir dengan nama Tjie Tjin Hoan, sosok Ciputra adalah sebagai pengembang bisnis property terkemuka di Indonesia yang mendapatkan penghargaan Satya Lencana Pembangunan.

Ciputra kecil, lahir di Parigi Sulawesi Tengah pada 24 Agustus 1931. Lahir dari bukan keluarga yang berada, membuat Ciputra kecil gigih dan tekun bekerja. Masa kecilnya pun sempat diwarnai kisah tragis saat Ayahnya dituduh mata-mata oleh Jepang yang kemudian di penjara. Pria lulusan Teknik Arsitektur Institut Teknologi Bandung ini merintis bisnis properti berasama dua kawannya dari sebuah garasi di Jalan Soetjipto Bandung.

Di era 1960-an, ia dipercaya Gubernur DKI kala itu Soemarno dan Presiden Soekarno untuk mengembangkan kawasan Senen yang juga bersamaan lahirnya PT Pembangunan Ibun Kota Jakarta Raya atau kini Pembangunan Jaya. Dengan Ciputra Group, Pak Cip sapaan akrabnya, sukses mengembangkan bisnisnya mulai dari properti, kesehatan, bahkan pendidikan. Didalam majalah Forbes Ciputra dinobatkan sebagai orang terkaya dunia nomor 1.941.

Sedangkan di Indonesia, ia menduduki peringkat ke-27 orang terkaya. Majalah itu mencatat total kekayaannya Ciputra mencapai US$1,1 miliar pada 2019. Ayah lima orang anak ini pun aktif dalam kegiatan filantropis di kampung halamannya. Kegemarannya mendorong kewirausahaan dalam negeri pun di apresisasi Musem rekor Indonesia sebagai penyelenggara pelatihan kewirausahaan kepada dosen terbanyak.

ARIS SATYA

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments