hero
(Pixabay)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

26 November 2019, 07:35 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Mungkin kamu ada yang terinspirasi novel 5cm untuk naik gunung? Tapi karena belum ada pengalaman jadi ragu? Tenang, NET.Z punya tips aman apalagi untuk para beginner yang naik gunung.

1. Rencanakan Pendakian

Awali mimpimu ngopi sembari menikmati sunrise di puncak Mahameru dengan perencanaan. Mulai dengan riset bagaimana kondisi teraktual gunung yang dituju, seperti laporan prakiraan cuaca dan musim pendakian serta rute pendakian.

Apabila ada rencana untuk berkemah di gunung, perhitungkan kondisi cuaca dan musim. Selain itu perhitungkan kondisi tubuh. Harus ada persiapan fisik sebelum kamu memulai pendakian.

Apa lagi jika belum ada pengalaman untuk naik gunung. Lakukan persiapan dengan pendaki berpengalaman, dan ukur kemampuan fisik. Pilih rute yang sesuai dengan skill pendakian.

Jangan lupa kabari keluarga dan orang terdekan soal recana pendakian. Jika ada kelengkapan adminstrasi saat akan mendaki, siapkan kelengkapan identitas agar proses registrasi lancar.

2. Cek Kelengkapan

Packing yang proper penting dalam pendakian. Jika kamu sudah tau gunung tujuan, jangan ragu tanya ke orang yang sudah berpengalaman naik ke gunung itu. Kemudian sesuaikan dengan rencana perjalanan dan prakiraan cuaca.

Pilih besar tas carrier yang pas dengan rencana perjalananmu. Gunakan sepatu gunung yang proper. Siapkan air dan botol yang bisa menampunng banyak. Tambahkan trash bag dalam list bawah karena selain untuk kantong sampah, bisa berfungsi sebagai alas dan jas hujan darurat.

3. Ajak Pemandu Berpengalaman

Mendaki bersama pemandu akan sangat membantu perjalalan. Pendaki berpengalaman dan bersertifikat, bisa mengukur tingkat kesulitan yang sekiranya kita mampu lewati. Pemandu pun bisa meningkatkan tingkat keamanan perjalanan kita. Bonusnya, pemandu berpengalaman bisa mengajak kita ke spot istimewa yang pastinya Instagramable

Selain itu, coba cek biasanya juga ada porter yang bisa menjadi pemandu profesional. Kalau menyewa pemandu terlalu mahal, ajak teman yang berpegalaman. Selain bisa membantu kita dalam perjalanan, momen pendakian bisa buat kita lebih akrab.

4. Sopan saat di Gunung

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pack mule. #hiking #backpacking #camping #gregorypacks #bigagnes #patagonia #asoloboots #newhampshire #whitemountains

Sebuah kiriman dibagikan oleh Mind Matter Mood (@mindmattermood) pada

Believe it or not, selama di alam kita harus sopan. Jangan suka mengumpat sembarangan apalagi buang air kecil dan besar sembarangan. Selalu rapihkan setelah selesai degan urusan toilet.

Jangan buang sampah sembarangan. Bukan soal mistis saja, tapi soal kenyaman pendaki lain dan kebersihan alam. Lalu jangan remehkan pula saran dan cerita penduduk lokal.

Perjalanan mendaki gunung itu bisa menjadi magical experience. Kadang rute bisa tidak mudah dan berbeda dengan perencanaan. Tapi semua akan terbayar saat puncak sudah di tapak. Jadi kapan nih naik gunung?

AIR SATYA | EXPLORE SHARE

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments