hero
Koleksi action figure Marvel. (Instagram @franssanjaya)

EDITOR : OCTOBRYAN

26 November 2019, 12:00 WIB

INDONESIA

Apakah kamu suka bermain gim? menonton film animasi? jika iya, pasti ada kan, karakter idola kamu. Jika sudah begitu, biasanya kamu ingin menghadirkan tokoh fiksi itu dalam bentuk nyata.

Hal inilah yang membuat produsen mainan ternama asal Amerika Serikat, yaitu Hasbro menciptakan action figure G.I Joe pada tahun 1960-an. Sesuai namanya, action figure adalah sebuah mainan dengan skala tertentu yang bentuknya menyerupai tokoh komik, kartun, maupun superhero.

Koleksi action figure Dragon Ball. (Instagram @franssanjaya)

Sedikit demi sedikit, action figure pun mulai mengembang pesat, modelnya pun kian beragam, dan mencapai puncaknya pada tahun 1980-an, dimana action figure yang diproduksi mengikuti film dan kartun yang tayang saat itu, sepertu Transformers, Teenage Mutant Ninja Turtles, The Real Ghostbusters, dan sebagainya. 

Tidak hanya jadi barang koleksi dan pajangan, action figure juga bisa jadi investasi. Harganya pun, wow! dalam lelang di San Diego Convention Center tahun 2003 lalu action figure prototype G. I. Joe buatan tahun 1963, bisa laku seharga USD 200.000, atau sekitar Rp 2.8 miliar.

Koleksi action figure. (Instagram @franssanjaya) 

Tak heran, banyak kolektor yang menjadikan hobi ini sebagai investasi jangka panjang, karena dunia action figure juga terus berkembang seiring banyaknya film-film superhero lokal dan asing yang diputar di bioskop.

Salah satu kolektor yang melakukannya adalah Frans Sanjaya. Berawal sebagai penikmat film super hero, youtuber asal Bandung ini pun mulai masuk ke dunia koleksi action figure sekitar 5 tahun lalu. Sedikit demi sedikit, jumlah koleksi action figure-nya pun mulai bertambah, hingga kini jumlahnya mencapai 300 buah. 

Frans Sanjaya dan action figure koleksinya. (Instagram @franssanjaya)

“Koleksi figure tersebut jadi kepuasan batin sendiri sih. Kalau dulu cuma bisa liat di TV atau bioskop, sekarang bisa punya ’aslinya’ meski sebatas figure aja” jelas Frans yang dikutip NET.Z dari akun Youtube @Franssanjaya.

Beragam karakter sudah dimilikinya, mulai dari tokoh Marvel, DC, Transformers, Anime, Hot Toys dengan berbagai ukuran dan harga. Salah satunya, bahkan harganya sekitar 40 juta rupiah.

(BACA JUGAKolektor Ini Punya Mainan Seharga Satu Juta Dollar Amerika)

Action figure yang dimaksud adalah figur karakter Wonder Woman berskala 1 : 2 yang hanya ada 750 di dunia, dan Frans adalah pemilik ke 512. Tingkat detilnya tidak perlu diragukan lagi, bahkan wajahnya sangan mirip dengan artis pemerannya, Gal Gadot. Demi bisa mendapatkannya, Frans bahkan rela menjual figur Optimus Prime miliknya, dan menabung lebih lama.

Bagaimana? apakah anda tertarik mengikuti jejaknya, siapkan tabungan dulu yaaa !!

NUGRAHANTO MARGO

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments