hero
Bruce Pascal si kolektor Hot Wheels. (Instagram @pinkbeachbomb)

EDITOR : OCTOBRYAN

25 November 2019, 14:20 WIB

AMERIKA SERIKAT

Kecil ukurannya, beragam desainnya, mirip seperti aslinya, serta disukai oleh mereka yang sudah tua, maupun yang masih muda, yup. Hot Wheels namanya. Miniatur mobil ini pertama kali rilis di Amerika Serikat pada tahun 1968 dan masih menjadi diecast favorit hingga saat ini.

Desainnya yang dinamis menjadikan mainan ini buruan kolektor. Tidak tanggung-tanggung, bahkan ada yang keliling dunia demi memperoleh seluruh varian modelnya, termasuk yang sangat langka.

Koleksi Mainan Hot Wheels milik Bruce Pascal. (Instagram @pinkbeachbomb)

Dari sekian banyak kolektor Hot Wheels tadi, terdapat seseorang pria asal Washington DC, Amerika Serikat, yang mendapat gelar raja. Dialah Bruce Pascal, pria ini memiliki sekitar 3500 model yang nilainya melebihi satu juta dollar amerika. 

Dalam episode Extreme Collector, Bruce menunjukkan koleksinya yang ia simpan di beberapa ruangan di bawah tanah rumahnya.  Dalam ruangan seluas 20,9 meter persegi inilah Bruce memajang rapi semua koleksi Hot Wheels beserta jalurnya. Mulai dari yang biasa, bahkan sampai yang langka, semuanya terpajang di kotak kaca. 

"Model pertama itu dirilis pada 1968, usiaku masih tujuh tahun saat itu. Aku kecanduan, sejak saat itu," ujar Bruce.

Koleksi Mainan Hot Wheels milik Bruce Pascal. (Instagram @pinkbeachbomb)

Perjalanan mendapatkan koleksinya tidaklah mudah, ia telah mengunjungi setiap pameran yang ada di kotanya, di luar kota, bahkan di luar negaranya. Ia bahkan sempat mengunjungi Mattel, sang produsen. 

Di antara koleksinya tersebut, sekitar seratus tujuh puluh lima model Hot Wheels adalah model prototipe langka yang bahkan tidak pernah dirilis secara resmi oleh Mattel sendiri. Ia juga memiliki salah satu model Hot Wheels paling langka di dunia, yaitu Hot Wheels dengan model Volkswagen Beach Bomb Rear Loader berwarna pink cerah. 

 Enam belas model mobil Hot Wheels pertama yang dirilis dan dijuluki sebagai The Original Sixteen atau Sweet Sixteen

Hanya ada dua model ini di seluruh dunia dan salah satunya berhasil dibeli oleh Bruce Pascal di sebuah pelelangan dengan harga $ 72.000 dollar. Bruce Pascal mengatakan bahwa saat ini, model Hot Wheels itu saja harganya bisa mencapai sekitar $ 150.000 dollar.

Pria 56 tahun ini  juga diketahui sebagai salah satu kolektor yang masih memiliki enam belas model mobil Hot Wheels pertama yang dirilis pada kemunculan perdana. Enam belas model mobil ini dijuluki sebagai The Original Sixteen atau Sweet Sixteen

(BACA JUGA: Mengenal Fotografi Mainan, Fotografi yang Tidak Main-Main)

Model pertama ini diambil dari model mobil Camaro, Barracuda, Corvette, Mustang, dan Deora. Model-model mobil ini juga memiliki warna yang cukup beragam. Mulai dari warna hijau untuk Ford J-Car, biru langit untuk T-Bird, cokelat untuk Hot Heap, hingga warna merah muda untuk Mustang.

Model-model langka seperti Sweet Sixteen dan VW Beach Bomb Rear Loader yang menghiasi pusparagam Hot Wheels milik Bruce Pascal. Ia bahkan menyebut koleksinya ini dengan sebutan Holy Grail, karena dianggap sebagai harta karun, tidak hanya bagi dirinya, tetapi juga bagi para kolektor Hot Wheels manapun di dunia ini.

Bagaimana, tertarikkah anda mengikuti jejaknya? 

NUGRAHANTO MARGO

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments