hero
Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (kedua kanan) berbincang dengan Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diani (kedua kiri) sebelum upacara pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil

EDITOR : OCTOBRYAN

22 November 2019, 20:05 WIB

INDONESIA

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memastikan menunjuk Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sebagai Komisaris Utama PT Pertamina. Penunjukan ini juga dipastikan sudah mendapat persetujuan Presiden Joko Widodo.

“Tadi Pak Erick sudah mendapat persetujuan Pak Jokowi," ujar Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga melalui pesan singkat kepada NET.Z, Jumat 22 November 2019.

Terpidana kasus penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok melambaikan tangan saat tiba di rumah tahanan LP Cipinang, Jakarta, Selasa (9/5). Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara memutuskan menjatuhi hukuman Ahok selama dua tahun penjara karena terbukti melanggar Pasal 156 KUHP tentang penodaan agama. (ANTARA FOTO/Ubaidillah)

Persetujuan dewan komisaris dan dewan redaksi, lanjut Arya, sesuai dengan Instruksi Presiden nomor 8 tahun 2014. PT Pertamina sendiri dalam waktu dekat akan melakukan Rapat Umum Pemegang Saham.

"Rencananya Senin nanti, Pertamina akan RUPS untuk pengangkatan dewan komisaris dan dewan direksi, akan langsung bertugas," jelas Arya.

Sementara itu, Arya juga menjelaskan sejumlah alasan penunjukan Kader Partai PDI-P itu menjadi Komisaris utama Pertamina. Diantaranya untuk pengawasan.

Rahma Hayuningdyah, Ahok, dan Anies usai acara debat Cagub DKI Jakarta (instagram, @rahma.hd)

“Pak Ahok ini dibutuhkan untuk pengawasan di Pertamina. Dibutuhkan untuk membantu direksi-direksi untuk menentukan langkah-langkah, dan juga program-program yang sudah ditetapkan,” ujar Mantan Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin ini.

(BACA JUGABasuki Tjahaja Purnama Terima Penghargaan Rooseno Award)

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Tohir mengumumkan Ahok resmi menjabat Komisaris Utama Pertamina. Ia didampingi oleh Wakil Komisaris Utama Pertamina Budi Gunadi Sadikin.

Selain Ahok dan Budi, Emma Sri Martini, eks Direktur Utama Telkomsel juga akan menjadi Direktur Keuangan Pertamina, menggantikan Pahala N Mansury yang hijrah ke PT Bank Tabungan Negara.

REZA PAHLEVI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments