hero
Ilustrasi hepatitis A (NET\Kevin)

EDITOR : OCTOBRYAN

22 November 2019, 12:25 WIB

DEPOK, INDONESIA

Bukan 1 atau 2, melainkan 40 siswa dan 3 guru SMPN 20 Depok, Jawa Barat, tetiba dinyatakan sakit disaat bersamaan. Belakangan laporan demi laporan berdatangan, mereka dinyatakan terjangkit hepatitis A.

Masyarakat dibuat heboh dengan penyebaran virus hepatitis A yang menyerang secara masif ini. Meski musababnya belum diketahui, penyakit ini merupakan penyakit yang bersifat fekal-oral, atau penularan melalui aktifitas bersama-sama, terutama melalui makanan.

Dokter Terawan Agus Putranto tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2019. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto benarkan kejadian yang menimpa puluhan siswa di SMP 20 Depok ini, dan menginstruksikan dinas terkait untuk lakukan pencegahan agar penyebaran virus hepatitis A tidak meluas.

"Untuk pencegahan kami berkoordinasi dengan wilayah untuk melakukan tindakan-tindakan pencegahan supaya penyakit ini tidak menular ke tempat lain." ungkapnya kepada NET.Z sebelum mengikuti rapat terbatas di Istana Kepresidenan, Kamis, 21 November 2019.

(BACA JUGAJangan Sembarangan dengan Penyakit Hati Kronis)

Meskipun menjangkit puluhan siswa dalam waktu bersamaan, Terawan akui fenomena ini bukan sebagai kejadian luar biasa. Mantan Kepala RSPAD Gatot Subroto itu mengaku sudah mengirim Tim Kemenkes untuk menindaklanjuti masalah hepatitis A ini. 

"Oh ndak lah ndak ada, kita langsung bertindak itu kan lain ya kan jumlah tidak mempengaruhi kalau masih terlokalisir kan masih bisa kita ini kan," tutupnya.

ANAN SURYA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments