hero
(Forbes)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

21 November 2019, 15:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Setelah menandatangani kontrak eksklusif pendistribusian kosmetiknya ke dalam 1000  toko Ulta pada November 2018 tahun lalu, bisnis Kylie Jenner semakin bersinar. Ulta sendiri adalah toko yang menjual dan mendistribusikan bermacam-macam kosmetik di Amerika Serikat.

Lewat lip kit seharga 29 USD atau sekitar Rp400 ribu kekayaan Kylie Jenner terus bertambah. Didorong sebagian oleh ekspansi Ulta, pendapatan Kylie Cosmetics naik 9% tahun lalu menjadi sekitar 360 juta USD atau sekitar Rp5 triliun lebih.

Dengan pertumbuhan seperti itu, Forbes memperkirakan perusahaan Jenner bernilai setidaknya 900 juta USD atau sekitar Rp12 triliun. Tambahan kekayaan Jenner ini menobatkan dirinya sebagai miliarder saat usianya 21 tahun.

Perusahaan Kylie Jenner didirikan pada 2015 ini hanya terdiri dari tujuh pekerja full time dan lima pekerja part time. Pengemasan diserahkan kepada Seed Beauty, produsen label pribadi di Oxnard, California. 

Untuk mengurus keuangan, Kylie menyerahkan kepada ibunya, Kris Jenner dengan imbalan 10% dari biaya manajemen. Pemasaran dilakukan sebagian besar melalui media sosial yaitu di Snapchat, Instagram, Facebook dan Twitter.

Ketika Kylie Cosmetics diluncurkan Ulta di 50 negara bagian, reaksinya sangat menakjubkan. Hasil penjualan online yang dibuat Jenner terjual habis dalam waktu kurang dari satu menit. Pembeli Ulta menjadi liar. Di beberapa toko, persediaan habis dalam hitungan jam. 

Ulta dan Jenner adalah pasangan yang serasi. Ulta memiliki jejak bisnis panjang ketimbang saingan terdekatnya Sephora yang lebih mahal. Penyebaran toko sangat luas di Amerika dan Amerika Tengah. Ulta juga juga memiliki 714 toko mandiri, lebih banyak daripada Sephora.

ESTER CRAMER | FORBES 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments