hero
Salah satu pendiri yang juga CEO goJek Nadiem Makarim melambaikan tangannya saat berjalan memasuki Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2019). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/wsj.

EDITOR : OCTOBRYAN

19 November 2019, 11:10 WIB

INDONESIA

Majalah TIME merilis daftar 100 Next 2019 untuk tahun ini. Menariknya, nama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim masuk daftar dalam kategori 'Leaders'.

Mengutip laman majalah TIME, Selasa, 19 November 2019. Nadiem bersanding dengan Pemimpin Kosta Rika Carlos Alvarado Quesada, Menteri Lingkungan Hidup Jepang Shinjiro Koizumi, beserta 21 tokoh lainnya dalam kategori yang sama. 

(BACA JUGAUmumkan Nama-nama Menteri, Jokowi "Ngemper" di Tangga Istana)

Nama Nadiem dinarasikan sebagai sosok pengusaha yang baru saja dipilih Presiden Joko Widodo menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju. Sebelumnya, ia menjadi CEO Gojek, aplikasi layanan ojek daring yang juga menyediakan berbagai layanan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Posisi Nadiem sebagai menteri, menempatkannya sebagai salah satu pemimpin (bidang pendidikan) di negara ekonomi terbesar ke-16 dunia.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim dalam daftar TIME 100 Next 2019. (TIME) 

"Kehadirannya akan membawa sentuhan anak muda, jiwa kewirausahaan cerdas di kabinet," ujar Wakil Direktur Center for Strategic and International Studies, Brian Harding.

Dalam menentukan daftar tokoh yang bisa masuk dalam Time 100 Next 2019, Majalah yang berbasis di New York, Amerika Serikat ini menggunakan cara yang lebih fleksibel. Time tidak hanya terpaku pada sosok-sosok yang memimpin sebuah perusahaan besar, kepala pemerintahan, dan sebagainya.

(BACA JUGAGoogle Tanam Modal di Go-Jek) 

Sosok lain datang dari berbagai klasifikasi berbeda. Beberapa nama yang masuk dalam daftar itu di antaranya Aktor Jharrel Jerome dari kelompok artist, Aktivis Sara Mardini dari kategori advocates, Musisi Blackpink dari kategori phenom, Chef Nite Yun dari kategori Innovator.

Sebetulnya tidak hanya Nadiem Makarim yang pernah masuk dalam daftar 100 tokoh berpengaruh majalah TIME. Tercatat ada delapan tokoh Indonesia Seperti Presiden pertama RI Soekarno, Presiden ke-2 RI Soeharto, Presiden ke-3 RI B.J Habibie, Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid, Musisi Iwan Fals, Presiden ke-5 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden ke-6 RI Joko Widodo, dan Sinta Nuriyah, istri dari almarhum Abdurahman Wahid, yang kini dikenal sebagai aktivis feminisme di Indonesia serta pembela kaum minoritas.

TIM LIPUTAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments