hero
(ANTARAFOTO)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

14 November 2019, 14:15 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Pembangunan jalur lintasan LRT Jabodebek masih terus berlanjut. Sedikit-demi sedikit, proyek yang dikerjakan PT. Adhi Karya mengalami kemajuan. LRT tahap I dibangun membentang dari Cawang-Cibubur, lintas Cawang-Kuningan-Dukuh Atas, dan lintas Cawang-Bekasi Timur.

Salah satu yang menarik dari pembangunan jalur kereta cepat ini adalah keberadaan jembatan lengkung di atas flyover Kuningan, Jakarta Selatan. Panjang bentang utama longspan sejauh 148 meter, sedangkan box girder beton memiliki radius lengkung sepanjang 115 meter.

Karena tingkat kesulitannya yang tinggi, tersambungnya jembatan ini mendapat apresiasi dari Presiden Jokowi. Lewat akun Instagram pribadinya, Jokowi merinci jika jembatan ini jauh lebih berat dari patung Garuda Wisnu Kencana di Bali dan besinya lima kali dari berat pesawat Airbus.

Pembangunan jembatan yang enggak biasa ini juga mendapatkan dua rekor dari Museum Rekor Indonesia, yaitu sebagai jembatan kereta box beton lengkung dengan bentang terpanjang, dan sebagai jembatan dengan pembebanan axial static loading test terbesar. Rencananya LRT Jabodebek akan beroperasi pada 2021.

TIM LIPUTAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments