hero
(INSTAGRAM/ warna.angin)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

13 November 2019, 15:00 WIB

KABUPATEN BOGOR, INDONESIA

Berlibur ke Bogor, Jawa Barat jangan cuma kulineran atau main ke kotanya saja. Biar weekend makin berkesan, kamu bisa coba melipir ke Kabupaten Bogor.

Di sini terdapat sungai yang masih jernih banget, yakni Leuwi Lieuk atau Curug Leuwi Lieuk. Yang berlokasi di Babakan Madang, berjarak hanya 60 kilometer dari Ibu Kota Jakarta.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Kenapa kalau kita pasrah di air saat berenang, malah bisa ngambang ya? Ada yg tau?

A post shared by Oh Jess, Oh No! (@jess_amalia20) on

Leuwi sendiri merupakan bahasa Sunda yang berarti lubuk. Dalam istilah geografis, lubuk merupakan bagian terdalam dari sungai atau cekungan di dasar sungai.

Disarankan kalau mau ke sini sebaiknya membawa persiapan handuk dan baju ganti. Karena begitu mata memandang keindahan Leuwi Lieuk, kamu pasti autonyebur. Penginnya langsung terjun berenang ke dalamnya.

Air sungainya begitu jernih, diapit dua tebing batu yang tinggi. Banyak pengunjung yang senang cliff jumping dari atas tebing setinggi 6 meter tersebut. Tapi tetap harus hati-hati, jangan sampai lengah dan utama keselamatan.

Salah satu yang pernah mencoba menyelam ke dasar Sungai Leuwi Lieuk adalah youtuber yang menamai akun youtube channel-nya dengan ‘Warna Angin’. Di videonya tersebut ia terlihat sedang berenang menyelam bebas, menunjukkan suasana di bawah air.

Di dalamnya terlihat bebatuan dan dedaunan kering berjatuhan mendominasi. Airnya nampak segar, karena sungai ini merupakan kawasan hulu Cileungsi yang masih jernih alami. Airnya tidak terlalu deras, dengan titik terdalam hanya 4 meter saat debit air normal.

Jika masih belum puas bermain air, enggak jauh dari Leuwi Lieuk terdapat sungai sejenis lainnya yang tentunya masih jernih alami. Yakni Leuwi Liung atau Curug Baliung dan Leuwi Cepet.
 

TIM LIPUTAN

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments