hero
(YOUTUBE: NEX CARLOS)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

8 November 2019, 11:15 WIB

MAKASSAR, INDONESIA

Buat kamu yang berencana atau sedang berada di Makassar, Sulawesi Selatan, wajib mencoba kuliner khasnya. Satu di antaranya adalah songkolo, atau ‘sokko’, makanan yang terbuat dari beras ketan hitam.

Biasanya dihidangkan di atas daun pisang atau kertas bungkus nasi, lalu ditambah dengan ikan teri dan serundeng di atas ketan hitamnya. Makin mantap dicocol dengan sambal gula merah.

Salah satu yang terkenal dan lari manis adalah Songkolo Bagadang Timbang Alhamdullilah. Yang berlokasi di Jl. Pannara No.19, Antang, Kec. Manggala, Kota Makassar. Bisa dimakan langsung di warungnya yang selalu ramai pengunjung, atau bisa pesan melalui aplikasi ojek online.

Food vlogger ‘Nex Carlos’ dan ‘MGDALENAF’ mencicipi Songkolo Bagadang Timbang Alhamdullilah, Makassar, Sulawesi Selatan. (YOUTUBE/ NEX CARLOS)

Songkolo Bagadang Timbang Alhamdullilah ini bisa dibilang nama yang cukup unik untuk dijadikan nama warung makan. Namun tentunya memiliki makna tersindiri di baliknya. Bagadang artinya begadang, karena menjual makanan 24 jam non stop.

Warung Songkolo Bagadang Timbang Alhamdullilah, Makassar, Sulawesi Selatan. (YOUTUBE/ NEX CARLOS)

Sedangkan kata timbang artinya pelanggan yang memesan, songkolonya harus ditimbang terlebih dahulu. Ada paket berat 1,5 ons dan paket 2,5 ons. Yang harga per porsinya tak lebih dari Rp20 ribu.

Kelezatan Songkolo Bagadang Timbang Alhamdullilah inipun mampu menarik perhatian dua food vlogger kenamaan yang memiliki akun YouTube Channel ‘Nex Carlos’ dan ‘MGDALENAF’. Mereka datang langsung ke warungnya untuk menjawab penasaran, menjajal kenikmatan kuliner satu ini. Dan di­-upload di akun YouTube Channel milik ‘Nex Carlos’.

Suasana di Warung Songkolo Bagadang Timbang Alhamdullilah yang selalu dipenuhi para pengunjung, Makassar, Sulawesi Selatan. (YOUTUBE/ NEX CARLOS)

Mereka begitu menikmati seporsi kecil Songkolo Bagadang Timbang Alhamdullilah ini. Makin seru lagi mereka menyantapnya dengan telur asap berwarna kecokelatan yang beraroma.  

 “Rasa ketannya lebih light, bercampur manis dari serundeng, gurih dan kriuk dari teri, dan pedas manis sambal merahnya,” ungkap keduanya.

YOUTUBE: NEX CARLOS

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments