hero
Petugas Masinis KA Pangrango 393 rute Sukabumi-Bogor. (@chamberafli)

EDITOR : OCTOBRYAN

8 November 2019, 20:45 WIB

JAWA BARAT, INDONESIA

Unggahan sebuah lokomotif berhenti di tengah perlintasan jalan terekam dalam video yang diunggah akun twitter @chamberafli mendadak viral.

Unggahan berdurasi 25 detik itu merekam aktifitas petugas kereta api yang turun dari lokomotif dan membeli makanan di warung dekat perlintasan kereta Jalan Parakan Salak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. 

Petugas Masinis KA Pangrango 393 rute Sukabumi-Bogor. (@chamberafli) 

"Jajan pake motor X, Jajan pake mobil X, Jajan pake go food X NOOB Jajan Pake Lokomotif," tulis akun @chamberafli, Kamis, 7 November 2019.

Sontak saja unggahan itu viral dan menjadi obrolan warga net. Bahkan, unggahan video tersebut telah di re-tweet sebanyak lebih dari 26.600 kali dan telah disukai sebanyak lebih dari 23.200 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Menanggapi kejadian ini, Senior Manager PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengungkapkan, bahwa kejadian tersebut bukan karena menunggu masinis atau petugas dari warung, namun sedang menunggu penumpang. 

Petugas Masinis KA Pangrango 393 rute Sukabumi-Bogor. (@chamberafli) 

"Sebenarnya memang kereta itu sudah sesuai SOP, perlintasan itu ditutup karena memang karena kereta itu sedang melakukan naik turun penumpang," ujar Eva saat diwawancara NET.Z, Jumat, 8 November 2019.

Selain itu, Eva menjelaskan bahwa kejadian yang terekam dalam video berlangsung pada 31 Oktober 2019. "Saat itu KA Pangrango rute Sukabumi-Bogor dengan nomor 393 sedang melakukan pemberhentian di Stasiun Parungkuda," kata dia. 

BACA JUGA:  Wajib Dicoba! Perjalanan Romantis dengan Kereta Api Wisata Sagano di Kyoto

Ia menjelaskan, kejadian penutupan perlintasan ini terjadi setiap harinya dan merupakan hal yang biasa terjadi di Stasiun Parungkuda, Sukabumi. 

"Ada aturan, jadi di dalam lokomotif adalah 2 petugas, masinis dan asisten masinis. Pada saat dalam kondisi tertentu dan memang ada alasan tertentu, salah satu diperkenankan boleh untuk keluar kereta," tambahnya.

Petugas Masinis KA Pangrango 393 rute Sukabumi-Bogor. (@chamberafli) 

Menurut informasi dari PT KAI, kereta api yang berhenti di Stasiun Parungkuda, bagian lokomotifnya akan menutup Jalan Parakan Salak yang tepat berada di ujung stasiun.

Hal tersebut dikarenakan stasiun yang terletak di Sukabumi ini berukuran kecil dan emplasemen stasiun yang tidak cukup panjang. Sehingga, posisi lokomotif berada sejajar dengan palang perlintasan kereta.

NADIA SOEKARNO | ADITYA MUSTAQIM

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments