hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

6 November 2019, 16:35 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Pola makan tidak teratur dan gaya hidup yang kurang sehat bisa menjadi penyebab diabetes. Diabetes adalah penyakit dimana naiknya tingkat gula darah seseorang yang disebabkan rendahnya kerja hormon insulin di dalam tubuh.

Penyakit ini cukup berbahaya jika tidak di kontrol dengan baik karena dapat memicu komplikasi beberapa penyakit lain yang cukup mematikan. Oleh sebab itu, kenali 10 gejala awal terkena diabetes.

1. Mudah Lelah

Jika terkena diabetes, hormon insulin tidak secara aktif bekerja sehingga terjadi penumpukan glukosa. Akibatnya tubuh terasa lemas dan mudah lelah.

2. Mudah Haus dan Lapar

Ini adalah salah satu tanda yang paling umum yang terjadi pada penderita diabetes. Hal tersebut terjadi karena ginjal akan menyerap sebagian besar cairan, sementara tubuh tidak dapat memanfaatkan gula dalam darah sehingga mengakibatkan mudah haus dan lapar.

3. Sering buang air kecil

Jika di dalam darah terdapat banyak gula, maka tubuh akan menyaring sebagian gula lewat ginjal. Untuk mencairkan gula tersebut, ginjal membutuhkan lebih banyak air. Itulah sebabnya, pada tahap awal, pasien diabetes sering mengeluh buang air kecil di tengah malam.

4. Penglihatan Kabur

Peningkatan kadar glukosa dapat merusak pembuluh darah dan mengurangi cairan yang ada dalam lensa mata. Hal ini semakin lama akan mempengaruhi penglihatan hingga dapat menyebabkan kebutaan.

5. Luka yang Lama Sembuh

Hal ini terjadi sebab hormon insulin tidak bekerja, sehingga mengakibatkan sistem kekebalan tubuh melemah dan membuat proses penyembuhan luka menjadi lama.

6. Berat Badan Turun Drastis

Hal ini disebabkan karena tubuh yang terkena diabetes tidak dapat menggunakan glukosa sebagai sumber energi, maka tubuh mulai membakar lemak dan otot sebagai energi, dan dapat menyebabkan berat badan menjadi turun.

7. Sering Kesemutan

Kelebihan glukosa dalam darah dapat berpengaruh terhadap sistem saraf. Hal ini menyebabkan ketidakmampuan untuk merasa dan juga munculnya rasa seperti terbakar di tangan dan kaki.

HEALTH AND HUMAN RESEARCH

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments