hero
Mantan Kapolri Jenderal Pol (Purn) Tito Karnavian (Kiri) bersama Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz (Kanan) salam komando pada Upacara Tradisi serah terima Panji-panji Tribrata Kapolri dan pengantar tuga

EDITOR : OCTOBRYAN

6 November 2019, 12:35 WIB

INDONESIA

Estafet tongkat komando kepemimpinan Kepala Kepolisian Republik Indonesia resmi diserahkan dari Jenderal (Purn) Tito Karnavian kepada Jenderal Idham Aziz. Upacara serah terima jabatan itu dilakukan di Markas Komando Brigade Mobil Polri, Kelapa Dua, Depok, Rabu, 6 November 2019.

"Hari ini resmi dilaksanakan tiga agenda yaitu Serah Terima Panji-Panji Kepolisian, Tradisi Pengantar Tugas, dan Tradisi Pelepasan Tito dari Kapolri ke Kemendagri", ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo melalui keterangan tertulis kepada NETZ.

Mantan Kapolri Jenderal Pol (Purn) Tito Karnavian (Kiri) bersama Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz (Kanan) salam komando pada Upacara Tradisi serah terima Panji-panji Tribrata Kapolri dan pengantar tugas Kapolri di Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, Rabu 6 November 2019. (ANTARA)

Tito yang kini dipercaya menjabat Menteri Dalam Negeri menyampaikan terima kasihnya kepada sejumlah pihak. Mereka di antaranya adalah Presiden Joko Widodo, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, serta kolega lainnya. 

Sementara itu, ditunjuk sebagai suksesor Tito, Idham mengaku akan menjalankan amanah sebaik-baiknya sebagai Kapolri. Mantan Kabareskrim itu juga berjanji akan meneruskan program yang dicetuskan oleh Tito Karnavian, serta memantapkan soliditas TNI-Polri.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (kanan) bersama Kapolri Idham Aziz (ketiga Kanan) melakukan serah terima tongkat Tribrata pada Upacara Tradisi serah terima Panji-panji Tribrata Kapolri di Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, Rabu, 6 November 2019. (ANTARA)

Sebelumnya, Presiden Jokowi melantik Komjen Idham Azis menjadi Kapolri menggantikan Tito Karnavian di Istana Negara, Jumat 1 November 2019.

Idham Azis dilantik dengan Keputusan Presiden Nomor 97 Tahun 2019 tentang pengangkatan Kapolri.

Presiden Joko Widodo (kanan) menyematkan tanda pangkat kepada Kapolri Jenderal Pol Idham Azis saat upacara pelantikan Kapolri di Istana Negara, Jakarta, Jumat 1 November 2019. (ANTARA) 

Saat pelantikan, Idham Azis pun bersumpah akan setia pada RI berdasar Pancasila dan UUD 1945. Idham juga berjanji akan melaksanakan aturan perundang-undangan yang ada. 

"Saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab. Saya akan menjunjung tinggi Tribrata," kata Idham Azis menirukan Jokowi. 

TIM LIPUTAN 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments