hero
Menteri Keuangan Sri Mulyani (kanan) menyampaikan materi disela-sela Kemenkeu Mengajar di SDN Kenari 1 Jakarta, Senin, 4 November 2019. Kegiatan tersebut sebagai bentuk pengabdian dan kepedulian jajar

EDITOR : OCTOBRYAN

4 November 2019, 17:30 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Ada suasana berbeda di Sekolah Dasar Negeri Kenari 1, Jakarta Pusat, Senin, 4 November 2019. Jika biasanya hanya belajar ilmu pengetahuan dasar, kali ini para murid kedatangan guru khusus untuk mengajar keuangan.

"Ayo, siapa yang tahu darimana asalnya uang untuk membangun negara?," tanya guru. "Dari pajak bu," jawab murid serentak.

Menteri Keuangan Sri Mulyani (kiri) menyampaikan materi disela-sela Kemenkeu Mengajar di SDN Kenari 1 Jakarta, Senin, 4 November 2019. Kegiatan tersebut sebagai bentuk pengabdian dan kepedulian jajaran Kemenkeu terhadap generasi muda dan bangsa Indonesia. (ANTARA) 

Suasana kelas nampak aktif. Para siswa kelas VI A yang berjumlah sekitar 20 orang tersebut juga antusias bertanya dan menjawab pertanyaan.

"Kita semua harus gotong royong membuat Indonesia maju. Tapi, butuh uang nggak? membayar guru, membangun sekolah, jalan raya, itu pakai pakai uang atau tidak,?" tanya guru lagi. Serempak seisi kelas langsung menjawab, "uang,".

Menteri Keuangan Sri Mulyani menunjukkan lokasi di peta disela-sela Kemenkeu Mengajar di SDN Kenari 1 Jakarta, Senin 4 November 2019. Kegiatan tersebut sebagai bentuk pengabdian dan kepedulian jajaran Kemenkeu terhadap generasi muda dan bangsa Indonesia. (ANTARA) 

Begitulah narasi yang dibangun Menteri Keuangan Sri Mulyani Indaryati dalam program Kementerian Keuangan Mengajar dengan tema Mengatur Uang Negara untuk Mewujudkan Indonesia Adil dan Makmur.

Agar mudah dimengerti oleh anak, Sri menggunakan metode pengajaran Role Play, dimana para murid berperan sebagai Menteri Keuangan agar dapat mengetahui cara mengelola uang.

Menteri Keuangan Sri Mulyani (tengah) bermain dengan siswa disela-sela Kemenkeu Mengajar di SDN Kenari 1 Jakarta, Senin 4 November 2019. Kegiatan tersebut sebagai bentuk pengabdian dan kepedulian jajaran Kemenkeu terhadap generasi muda dan bangsa Indonesia. (ANTARA)

"Tujuannya untuk mengajarkan sejak dini bagaimana menjalankan peranan keuangan negara dan hubungannya dengan fungsi negara", tambah Sri.

Program Kementerian Keuangan Mengajar merupakan penyelenggaraan yang ke-empat kalinya dan menerima rekor dari Museum Rekor Indonesia sebagai Program Kerelawanan-ASN Pertama di Bidang Pengembangan Karakter untuk Siswa Sekolah Dasar.

Petugas Bea dan Cukai menyampaikan materi disela-sela Kemenkeu Mengajar di SDN Kenari 1 Jakarta, Senin, 4 November 2019. Kegiatan tersebut sebagai bentuk pengabdian dan kepedulian jajaran Kemenkeu terhadap generasi muda dan bangsa Indonesia. (ANTARA) 

Program ini tidak menggunakan APBN dan segala bentuk biaya berasal dari pribadi ASN di Kemenkeu, yang sebagian besar merupakan relawan dari Kemenkeu Mengajar.

Tidak hanya di dalam negeri, program ini juga siap dilaksanakan di Malaysia, melalui kerja sama dengan Konsulat Republik Indonesia di Tawau, Sabah.

DEA GITHA | ANDRE SAPUTRA | REZA HARDIANSYAH

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments