hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

10 Oktober 2019, 14:03 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Salah satu film nasional yang sedang ramai dibicarakan saat ini adalah “Bebas”. Film yang bercerita soal persahabatan 6 remaja di SMA yang akhirnya bertemu kembali setelah 23 tahun. Cerita dimulai ketika Vina (Marsha Timothy) mengunjungi ibunya di rumah sakit. Tanpa sengaja ia melihat nama pasien di dekat kamar ibunya dan teringat dengan sahabatnya saat SMA, yaitu Kris. Ternyata benar, Kris (Susan Bachtiar) sang pasien adalah sahabatnya yang divonis hanya memiliki sisa hidup 2 bulan saja. Kris meminta Vina mengumpulkan 4 sahabat lainnya agar bisa bertemu lagi sebelum ia meninggal.

Saat proses pencarian inilah, alur mundur ke masa SMA mereka di tahun 1995 di mulai. Vina remaja diperankan dengan apik oleh Maizura, datang sebagai murid baru di Jakarta. Berasal dari Sumedang, Vina jadi bahan becandaan teman sekelasnya. Beruntung ada Kris, yang versi remajanya diperankan oleh Sheryl Sheinafia. Kris merangkul Vina hingga jadi bagian dari geng-nya bersama Jessica (Agatha Pricilla), Gina (Zulfa Maharani) dan Jojo (Baskara Mahendra).

Keenam sahabat ini menyebut gang mereka “Bebas”, sesuai saran dari penyiar radio kesayangan mereka.”Bebas” menampilkan lika-liku remaja aktif penuh semangat dengan sejuta permasalahan dalam hidup mereka. Karena ini pula, mereka akhirnya harus terpisah dan menjalani hidup masing-masing. Hingga akhirnya pencarian Vina 23 tahun kemudian mempertemukan mereka.

Sepanjang film, penonton diajak masuk ke lorong waktu, bernostalgia dengan segala hal yang tren di kalangan remaja tahun 90-an. Mulai dari gaya berpakaian, produk fashion, gaya berbicara, makanan. Situasi politik dan tentu saja musiknya! Benar-benar nostalgia maksimal. Emosi penonton juga diaduk-aduk, kamu akan tertawa melihat kekonyolan tingkah anak SMA di masa itu, kamu juga akan menangis  haru melihat persahabatan mereka.

Deretan film kece yang ikutan dalam KIFF 2019. (NET.Z/ Dian Kencana Dewi)

Film yang disutradarai Riri Reza ini merupakan adaptasi dari film Korea berjudul “Sunny” yang tayang tahun 2011 lalu. Selain mengajak penonton bernostalgia ke tahun 90-an, banyak nilai moral yang bisa dipetik dari film “Bebas”. 

Kalau kamu ingin menonton versi aslinya, "Sunny", silakan datang ke bioskop CGV yang berpartisipasi dalam “Korea Indonesia Film Festival 2019” tanggal 10-13 Oktober. Jangan lewatkan menontonnya,ya! Siap-siap bernostalgia.

NET.Z | DIAN KENCANA DEWI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments