hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

8 Oktober 2019, 09:45 WIB

MALAYSIA

Rasa takut gagal sering menghinggapi sebagian orang, terutama bagi mereka yang mengejar target tertentu. Contohnya adalah target untuk menyelesaikan tugas akhir dan lulus tepat waktu. Jika sudah mengalami kegagalan, hanya beberapa orang saja yang mau menerima keadaan dan bekerja lebih keras lagi agar mencapai tujuannya.

Seperti kisah Muhammad Rafiq Izzat Zaidi, seorang mahasiswa hukum di Universitas Teknologi Mara Malaysia yang pernah gagal sebanyak 18 kali untuk meraih gelarnya. Rafiq mendaftar sebagai mahasiswa hukum pada tahun 2013 dan baru lulus di tahun 2019. Ia mengatakan bahwa perlu tiga kali mengulang untuk lulus di salah satu mata kuliah.

"Saya adalah seorang pelajar yang lambat. Tapi semakin saya gagal, semakin paham pula tentang materi tersebut walaupun butuh waktu hingga 11 semester," tulisnya dalam akun Twitternya @RaffiqIzzat.

(World Of Buzz)

Ia menjelaskan bahwa dirinya tidak didiagnosis sebagai pelajar yang lambat. Tetapi ia mengakui memiliki kesulitan menyesuaikan diri dengan lingkungan dan akan membutuhkan waktu lama untuk memahami suatu subjek.

Dirinya juga mengaku sempat frustasi saat melihat teman-temannya sudah lulus terlebih dahulu dan memulai karier mereka dengan cemerlang.

“Ketika teman-teman saya belajar hingga delapan semester yang berarti kuliah empat tahun, saya masih belum selesai. Melihat mereka memulai karier kerja di dunia hukum memberi banyak tekanan pada saya,” ujarnya.

Meskipun hampir dikeluarkan, ia mengajukan permohonan ke universitas agar diberi kesempatan untuk melanjutkan studinya. Tidak semuanya berjalan mulus, Rafiq juga pernah putus asa dalam hidupnya. Perjuangannya sempat berhenti karena ia berpikir untuk mengakhiri hidup.

“Sempat ingin bunuh diri. Waktu itu saya sedang mengemudi dan berpikiran untuk menabrakkan mobil ke lawan arah," jawabnya dengan jujur.

Namun, Rafiq menyadari bahwa itu tidak akan menyelesaikan masalahnya. Dengan dukungan orang tua dan dosennya, ia menemukan kekuatan untuk melanjutkan studinya.

Perjuangan Rafiq akhirnya berbuah manis. Akhirnya ia bisa lulus dan dengan bangga memakai toga. Saat ini, Rafiq sedang merintis kariernya di bidang hukum sebagai trainee.

"Ingat, jika kamu gagal ketujuh kalinya, kamu harus bangkit pada kesempatan berikutnya. Kerja keras tak pernah bohong," tutupnya.

WORLD OF BUZZ

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments