hero
(ANTARA)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

4 Oktober 2019, 11:02 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Bambang Soesatyo atau biasa disapa Bamsoet resmi terpilih menjadi Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) periode 2019-2024. Keputusan itu diperoleh secara musyawarah dalam Sidang Paripurna MPR, Kamis (3/10/19).

Ketua MPR periode 2019-2024 Bambang Soesatyo (kiri) dan sembilan pimpinan MPR lainnya mengucapkan sumpah jabatan saat pelantikan di ruang rapat Paripurna MPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2019). (ANTARA)

Yang menarik, dalam pelantikannya sebagai Ketua MPR, politikus Partai Golkar ini menutup pidatonya dengan tiga pantun yang menggelitik peserta sidang. Setiap bait sarat akan makna. Seperti di pantun pertama, Bamsoet ingin menyampaikan pesan terkait isu perbedaan.

Hujan turun topan melanda
Patah satu anak tangga
Meskipun kita berbeda-beda
Hidup rukun harus dijaga

Mendengar pidato pertamanya itu, para peserta sidang memberi respon beragam. Ada yang tertawa, memberikan tepuk tangan, bahkan ada sebagian yang menanggapinya dengan kata ‘cakep...’.

Ketua MPR terpilih Bambang Soesatyo melambaikan tangan di ruang Sidang Paripurna MPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2019). (ANTARA)

Tak lama berselang, Bamsoet melanjutkan pantun keduanya. Yang isinya bemakna pentingnya anggota MPR untuk menjaga marwah di tengah perbedaan pendapat.

Sungguh sejuk air kelapa
Kelapa muda tersisa tiga
Meskipun kita tadi sempat berbeda
Marwah MPR harus kita jaga

Di pantun terakhirnya, Bamsoet menyelipkan pesan agar anggota MPR untuk terus melanjutkan tongkat estafet merealisasikan Pancasila. 

Hendak berburu pergi ke hutan
Jangan lupa membawa senapan
Jika Pancasila ingin jadi kenyataan
Ayo teruskan sosialisasi 4 pilar kebangsaan

Suasana pelantikan Pimpinan MPR periode 2019-2024 di ruang rapat Paripurna MPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2019). (ANTARA)

Diketahui sebelum jadi Ketua MPR periode 2019-2024, Bamsoet pernah menduduki jabatan sebagai Ketua DPR pada 15 Januari 2018. Menggantikan Setya Novanto, yang terjerat kasus korupsi e-KTP. 

Dalam pemilihan Ketua MPR kali ini, nama Bambang Soesatyo mengungguli kandidat lainnya. Mereka adalah Ahmad Muzani dari Fraksi Gerindra dan Fadel Muhammad dari unsur DPD.


TIM LIPUTAN

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments