hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

30 September 2019, 10:05 WIB

KOTA SURABAYA, INDONESIA

Semangat untuk mengejar rezeki tampaknya tak pernah luntur dari diri Niah. Seorang nenek yang kini berusia lebih dari 80 tahun, tetapi masih berjualan rujak cingur dan lontong mie di emperan toko yang berada di Jalan KH. Mas Mansyur, Gang Ketapang Besar, Surabaya, Jawa Timur.

Ia mulai membuka dagangannya mulai pukul  17.00 hingga 01.00 dini hari. Wanita asal Bangkalan, Madura ini sehari-hari hanya tinggal berdua bersama suaminya yang kini berusia 95 tahun dan sakit-sakitan. Dari pernikahannya itu ia tidak memiliki anak.

“Saya di Madura enggak punya rumah, tinggal sama suami saja,” ujar Nenek Niah seperti dikutip dari Channel YouTube Budiono Sukses pada 30 September 2019.

Nenek Niah sudah menekuni profesinya sebagai penjual rujak selama 52 tahun. Tepatnya sejak harga rujak masih Rp1 sampai hari ini seharga Rp10 ribu per porsinya. Ia masih ingat betul, kala itu Indonesia masih di pimpin oleh Soeharto.

Meski murah namun rasa rujak Nenek Niah tidak kalah dengan rujak lainnya. Bahkan cingur yang digunakan pun asli. Ada kalanya ia pikiran ingin berhenti dan tidak lagi berjualan muncul di benaknya.

Nenek Niah. (YouTube/Budiono Sukses)

Apa daya berbagai kebutuhan sehari-hari seperti membayar kontrakan, makan, dan obat-obatan suaminya harus ia penuhi. Untuk mengantarkan dagangan dari kontrakan menuju lapak, ia harus menyewa becak 40 ribu untuk pulang dan pergi.  

Biasanya dalam sehari rujak Nenek Niah hanya laku 5-8 porsi bahkan kadang tidak ada pembeli sama sekali. Tidak jarang Mbah Niah di datangi sekelompok preman dan mereka mengambil lontong serta kerupuk secara paksa. Namun Mbah Niah tetap sabar karena ia yakin rezeki yang dikasih sudah diatur sesuai porsinya.

YOUTUBE: BUDIONO SUKSES|BERBAGAI SUMBER

 

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments