hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

23 September 2019, 13:00 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Manfaat teh untuk kesehatan tubuh sudah lama dipercaya oleh masyarakat dunia. Namun, kebiasaan minum teh sekarang ini tenggelam di tengah maraknya trend ngopi-ngopi kekinian. Belum ada kata terlambat untuk memulai kebiasaan minum teh, apalagi hasil teh Indonesia juga sangat berlimpah.

Ada 4 jenis teh yang biasa dikonsumsi para pecintanya, yaitu teh hijau, teh hitam, teh putih dan teh oolong. Nah, keempat jenis teh ini sebenarnya berasal dari daun teh yang sama, yaitu camellia sinensis, namun manfaat masing-masing jenis teh tersebut berbeda loh. Seperti mengutip dari seorang pakar teh Indonesia, Ratna Somantri, berikut manfaat jadi empat jenis teh yang sering dikonsumsi masyarakat.

 

 

1. Teh Hijau

Segarnya teh hijau dengan berbagai manfaatnya. (NET.Z/ Tim Liputan)

Teh hijau termasuk jenis teh yang sangat populer di Indonesia karena dipercaya bisa melangsingkan tubuh. Penyebabnya adalah, tingginya kadar katekin dalam teh hijau. Katekin merupakan zat antioksidan yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Meningkatnya metabolisme tubuh otomatis mempercepat proses pembakaran lemak. Nah, selain memiliki efek tersebut, teh hijau juga menurunkan risiko terserang diabetes, penyakit jantung, mencegah efek penuaan dini hingga mencegah flu.

2. Teh Hitam

Teh hitam mengandung theaflavin. (NET.Z/ Tim Liputan)

Perbedaan teh hitam dengan teh hijau adalah, teh hitam telah mengalami proses fermentasi sedangkan teh hijau hanya melalui satu proses penyaringan. Karena berasal dari daun teh yang sama, teh hijau dan teh hitam memiliki manfaat yang hampir serupa. Perbedaan keduanya terletak pada kandungan theaflavin yang dimiliki teh hitam. Kandungan ini terbentuk selama proses fermentasi teh hitam. Theaflavin telah terbukti secara signifikan dapat mengurangi kadar kolesterol dan gula darah.

3. Teh Oolong

Teh Oolong untuk mengatasi aleri pada kulit. (NET.Z/ Tim Liputan)

Teh oolong merupakan jenis teh yang dalam proses penyajiannya mengalami proses fermentasi sebagian saja. Oleh karena itu, kandungan theaflavin dalam teh oolong tidak sebanyak teh hitam. Meski begitu, teh ini tidak kalah berkhasiat. Teh oolong dapat membantu mengatasi alergi pada kulit.

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments