hero
(NET/ Ginanjar)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

20 September 2019, 11:17 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Ketegangan sempat mewarnai aksi demonstrasi mahasiswa dari sejumlah universitas di Jakarta. Yang menggelar aksi di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Jakarta, Kamis malam (19/9/2019).

Ketegangan dipicu karena mahasiswa berusaha memblokade Jalan Gatot Subroto. Hingga membuat sejumlah pengendara tak dapat melintas.

Lalu lintas sempat tersendat akibat blokade jalan yang dilakukan mahasiswa di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (19/9/2019). (NET/ Ginanjar)

Ketegangan ini kemudian dapat diredam pihak kepolisian, yang melakukan tindakan persuasif. Hingga akhirnya mahasiswa dan kepolisian membuahkan kata sepakat, dan membuka jalan khusus di jalur Trans-Jakarta.

Dalam aksi tersebut, para mahasiswa ingin menyuarakan dua tuntutan. Yakni menolak undang-undang KPK yang baru disahkan oleh DPR RI, Selasa lalu. Dan menolak Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) yang sedang bergulir.

"DPR sedang ugal-ugalan dan mengebut legislasi yang tidak berpihak pada masyarakat," ujar salah seorang mahasiswa.

Suasana demonstrasi mahasiswa dari sejumlah universitas di Jakarta di depan Gedung DPR RI, Kamis (19/9/2019). (NET/ Ginanjar).

Selain itu, para mahasiswa juga menempelkan spanduk yang bertuliskan 'Gedung ini Disita Mahasiswa' di pagar Gedung DPR RI. Setelah melakukan aksinya yang dimulai sejak Kamis siang, massa aksi kemudian membubarkan diri dengan tertib.

Meski demikian, massa aksi mengancam akan mengerahkan massa yang lebih besar jika kedua tuntutannya itu tidak didengarkan oleh wakil rakya di DPR RI.

GINANJAR HANGGARAWAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments