Sebagai penghormatan terakhir bagi Almarhum B.J. Habibie, 540 siswa Sekolah Dasar Negeri 01 Mangkujayan, Ponorogo, Jawa Timur terbangkan pesawat kertas secara massal di halaman sekolah, Kamis (12/9/2019).

“Untuk mengenang jasa beliau, Bapak B.J. Habibie atas apa yang telah dilakukan. Memang Bapak B.J. Habibie orang pintar di Indonesia yang memiliki kecerdasan luar biasa. Dan beliau juga orang Islam yang khusuk. Jadi pokoknya ini harus kita tiru.  Harapannya anak-anak ini bisa mencontoh apa yang telah dilakukan B.J. Habibie” ungkap Kepala Sekolah SDN 01 Mangkujayan, Sri Bidayati.

Selain sebagai Presiden ketiga Republik Indonesia, B.J. Habibie juga dikenal akan kecerdasannya. Di antaranya merancang dan memimpin pembuatan pesawat N250 Gatotkaca. 

Bahkan lewat dunia penerbangan, ia menemukan crack progression theory. Digunakan untuk memprediksi letak awal retakan pada pesawat, terutama sayap. Yang merupakan struktur penyangga, sehingga selalu menahan tekanan, apalagi saat take off (lepas landas), landing (mendarat), dan mengalami turbulensi.

Berkat temuan B.J. Habibie ini, pesawat di dunia lebih hemat bahan bakar dan standar keamanan pada pesawat ditingkatkan. Hingga akhirnya ia mendapatkan julukan 'Mr Crack'.

Itulah mengapa, banyak siswa yang terinspirasi akan karya-karyanya. Dan begitu mencintai sosok brilian, kebanggaan Indonesia.

“B.J. Habibie dikenal sebagai pembuat pesawat, dia juga Presiden Indonesia ketiga. Senang dengan sosoknya Pak Habibie,” ungkap salah satu siswi SDN 01 Mangkujayan, Berylatha Sava Annara.

Tak hanya menerbangkan pesawat kertas, ratusan siswa juga menggelar Shalat Ghaib untuk Almarhum B.J. Habibie. Sebagai bentuk rasa duka cinta mendalam, sekaligus mengirimkan doa terbaik untuk Almarhum. 

HENDRAS RAKA SETIAWAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments