hero
(INSTAGRAM/ b.jhabibie)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

11 September 2019, 10:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Putra BJ Habibie, Thareq Kemal Habibie dalam konferensi pers, Selasa malam (10/9/2019) menyampaikan kondisi terkini ayahnya, Presiden ketiga Republik Indonesia Baharuddin Jusuf Habibie yang diketahui dirawat secara intensif di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, sejak awal September lalu.

Thareq mengungkapkan ayahnya sakit dikarenakan faktor usia, sementara aktivitas sehari-hari begitu padat. Ditambah B.J. Habibie memiliki masalah kesehatan jantung sejak usia muda.

Thareq Kemal Habibie (tengah), putera  Presiden ketiga RI BJ Habibie, Thareq Kemal Habibie (tengah) didampingi Kepala RSPAD Gatot Subroto Mayjen TNI dr. Terawan Agus Putranto (kiri) dan Wakil Kepala RSPAD Gatot Soebroto Brigjen TNI dr. Albertus Budi Sulistya (kanan) memberikan keterangan pers terkait kondisi kesehatan ayahnya, di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), Jakarta, Selasa (10/9/2019). Thareq Kemal Habibie mengatakan kondisi kesehatan ayahnya mulai stabil dan membaik setelah menjalani perawatan di ruang ICU. (ANTARA )

"Mohon dimengerti Bapak itu agak sepuh ya. Sudah di atas 80 (tahun), yakni 83 (tahun) menginjak ke 84 tahun. Beliau beraktivitas sangat tinggi, sehingga Bapak suka lupa bahwa Beliau itu 80-an. Karena otaknya masih jalan tapi sesuai natural manusia badan kan enggak akan selalu ikut," terang Thareq.

"Bapak saya dari dulu semenjak muda punya masalah dengan jantung. Otomatis karena kian menua ini jantungnya sangat melemah. Dengan aktivitas yang tinggi tidak dikasih waktu istirahat, badannya memberontak. Jadi lah ada masalah," tambah Thareq.

Setelah dirawat, B.J. Habibi dikatakan sudah menunjukkan perkembangan positif. Meski belum terlalu signifikan, namun bisa merespon saat diajak bicara.

“Keadaan bapak sudah stabil, membaik, cuma bapak sangat lemas, capek. Diajak ngomong bereaksi, ditanya jawabannya dengan mengangguk. Tidak ada bapak dalam keadaan kritis. Sudah membaik dan sudah stabil,” ujar Thareq.

Thareq Kemal Habibie (tengah) , putera Presiden ketiga RI BJ Habibie,  didampingi Kepala RSPAD Gatot Subroto Mayjen TNI dr. Terawan Agus Putranto (kedua kiri) dan Wakil Kepala RSPAD Gatot Soebroto Brigjen TNI dr. Albertus Budi Sulistya (kedua kanan) serta Tim Dokter Kepresidenan memberikan keterangan pers terkait kondisi kesehatan ayahnya, di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), Jakarta, Selasa (10/9/2019). Thareq Kemal Habibie mengatakan kondisi kesehatan ayahnya  mulai stabil dan membaik setelah menjalani perawatan di ruang ICU. (ANTARA) 

Lebih lanjut, Thareq mengatakan ayahnya itu tidak akan dibawa berobat ke Jerman. Keluarga B.J. Habibie percaya dengan kualitas tim medis yang menangani di Tanah Air.

Terkait dengan kunjungan yang akan menjenguk ayahnya, keluarga juga sengaja membatasi. Karena, kalau tak dibatasi, B.J. Habibie tidak kunjung istirahat maksimal.

ESTHER CRAMER

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments