hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

5 September 2019, 13:49 WIB

INDONESIA

Kedutaan Besar Republik Korea bekerja sama dengan Korean Cultural Center (KCC), Korea Tourism Organization (KTO), dan aT (Korea Agro-Fisheries & Food Trade Corp.) menggelar acara “TeKo Nang Jawa” dari tanggal 2-7 September 2019. “TeKo Nang Jawa” berarti Teman Korea Keliling Pulau Jawa. Jadi pihak Kedubes Republik Korea melakukan perjalanan darat sekitar 1.000 km dari Jakarta sampai Surabaya menggunakan bus untuk mempromosikan kebudayaan Korea.

Bukan sekadar lewat aja loh! Bus ini akan mampir dan menyelenggarakan acara seru di empat kota di Pulau Jawa. Apa aja acara serunya? Simak rangkuman NET.Z berikut ini.

Cirebon

Setelah diresmikan pada 2 September, “TeKo Nang Jawa” mampir ke Cirebon. Dengan mengangkat tema “First Korean Day in Cirebon”, warga diajak membuat bimbimbap dalam porsi besar bersama-sama. Selain itu, ada demo Taekwondo, lomba K-Pop, pertunjukkan tari tradisional Korea, dan fashion show Korea-RI.

Pengalaman budaya Korea oleh KCCI di Cirebon. (KCC)

Brebes

Brebes menjadi kota kedua tempat “TeKo Nang Jawa” mampir. Brebes merupakan salah satu kota industri di Pulau Jawa. Dengan adanya acara budaya di sini, diharapkan Korea dan Indonesia ke depannya semakin erat menjalin kerjasama di bidang industri. kini ada sekitar 2.200 perusahaan Korea yang sedang beroperasi di Indonesia, dan sebagian besar terletak di Pulau Jawa. Termasuk di Brebes. Di Brebes digelar “Gempita Duo Budoyo” yang dimeriahkan penampilan “Gamelan Arirang” dan K-Pop cover dance. Sebanyak 5.000 tenaga kerja Indonesia yang sedang bekerja di perusahaan Korea  hadir pada tanggal 4 September.

Solo

Acara akan semakin seru saat bus tur “TeKo Nang Jawa” tiba di Solo tanggal 5 September. Bus ini akan mampir ke Benteng Vastenburg Solo. Acaranya akan dimulai sejak pukul 18.30 WIB sampai tanggal 7 September nanti. Para pengunjung bisa mencoba memakai hanbok, bermain permainan tradisional Korea, dan mencoba menulis Hangul. Selain itu, di Solo pun akan ada penampilan “Solo International Performing Arts 2019”. Para penggemar Korea wajib nih mampir!

Pengalaman budaya Korea oleh KCCI di Solo. (KCC)

Surabaya

Kota yang jadi pemberhentian terakhir adalah Surabaya! Acara seru di kota Pahlawan ini mulai tanggal 6 hingga 8 September 2019. Rangkaian acaranya bakal panjang banget, dari mulai seminar hingga pameran makanan khas Korea Selatan seperti buah Omija. Warga juga bisa melihat pertunjukkan masak dan lomba Taekwondo di sini.

Hansol, YouTuber Korea yang medok juga ikut rangkaian tur ini loh! Dia akan membantu kamu mengenal kebudayaan Korea Selatan. Selain itu, di setiap kota juga akan terdapat food truck yang menyajikan makanan Korea Selatan. Jadi kamu bisa mencoba berbagai street food Korea di sini.

Hansol,  ikutan tur TeKo Nang Jawa.

Jangan lupa upload video atau foto kamu saat berkunjung ke acara “TeKo Nang Jawa” ini ya. Siapa tahu kamu bisa mendapatkan hadiah menarik dari Kedutaan Besar Republik Korea. Lengkapnya bisa kamu cek di instagram @koremb.idn

 NET.Z | HALIMAH TUSADIAH

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments