hero
(ANTARA)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

5 September 2019, 15:00 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Wakil Presiden terpilih KH. Ma’ruf Amin menerima kedatangan sejumlah pendeta asal Papua di kediamannya, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis pagi. Pertemuan berlangsung tertutup selama satu jam untuk membicarakan permasalahan konflik di bumi cendrawasih.

Sebagai wapres terpilih, Ma’ruf menilai kedamaian dan keutuhan Papua menjadi tanggungjawabnya. Apalagi pada Pilpres 2019, Papua merupakan provinsi yang mayoritas memilih pasasan Jokowi-Ma’ruf.

Terkait hal itu, Ma’ruf mengajak para pemuka agama bisa melakukan upaya pendekatan yang lebih soft termasuk dengan pendekatan budaya seperti apa yang pernah dilakukan oleh Presiden Abdurrahman Wahid. "Menginginkan peran tokoh agama dalam menjaga keutuhan Papua dan seluruh rakyat Indonesia. Kita bersama-sama sepakat menjaga bangsa ini secara utuh tidak ada perlakuan yang tidak baik,” ujar Ma’ruf. 

Wakil Presiden terpilih Maruf Amin (kiri) berbincang dengan Ketua Perwakilan Pendeta Papua Richard Tonjau (kanan) saat melakukan pertemuan di Jakarta, Kamis (5/9/2019). Pertemuan tersebut dalam rangka membahas terkait kondisi di Papua dan Papua Barat beberapa hari terakhir. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Salah seorang pendeta asal Papua, Richard Tonjau mengakui kericuhan yang terjadi beberapa waktu lalu membuat masyarakat Papua resah. Menurutnya, sejumlah sistem yang ada mengalami kemacetan mulai dari roda pemerintahan,  transportasi, pendidikan, dan dunia usaha. “Kami berharap apa yang kami sampaikan tentu menjadi perhatian dari beliau,” tukas Richard. 

Oleh karena itu, ia berharap sebagai pemimpin umat, Ma’ruf Amin bisa menyuarakan kepada MUI dan NU di seluruh tanah air bersatu mewujudkan Papua dan Papua Barat yang damai.

TIM LIPUTAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments