hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

4 September 2019, 13:00 WIB

INDONESIA

Menyimpan bahan makanan ternyata gampang-gampang susah. Rata-rata menyimpan bahan makanannya di dalam lemari es, terutama aneka buah dan sayuran. Ada juga yang menyimpannya di lemari dapur atau diletakkan begitu saja di meja makan. Padahal ternyata, enggak semua jenis buah atau sayur bisa disimpan di lemari es, begitupun bahan makanan lain yang justru lebih baik disimpan di rak terbuka.

Nah, seperti yang dilansir dari Brightside, berikut adalah bahan makanan yang harus disimpan di lemari dan jauh dari sinar matahari langsung.

Penyimpanan makanan di lemari tertutup. (BRIGHTSIDE)

Roti

Roti sebaiknya disimpan dalam kotak yang tertutup rapat, dan berikan sedikit garam agar terlindungi dari jamur. Menyimpan roti di lemari es bukanlah ide yang baik, karena jika roti berada dalam suhu rendah, air menguap lebih cepat secara signifikan sehingga roti akan menjadi basi dengan sangat cepat. Namun, jika kamu ingin menyimpan roti dalam waktu yang lama, kamu bisa menaruhnya di freezer dan roti akan tetap bagus selama 4-6 bulan.

Cokelat

Jika cokelat disimpan dalam lemari es dengan waktu yang lama, maka akan menyebabkan munculnya air yang menguap pada permukaan cokelat dan merubahnya menjadi bintik putih. Hal ini tidak mempengaruhi rasanya, tetapi membuat cokelat terlihat sangat tidak menarik.

Madu

Tidak ada alasan untuk menaruh madu di lemari es, karena Anda akan kesulitan mengeluarkannya. Selain itu, jika madu masuk ke dalam lemari es, maka ia akan  mengkristal dan menyerupai plastisin.

Minyak zaitun

Minyak zaitun yang disimpan dalam lemari es akan membeku. Sebaiknya simpan dalam botol gelap dan hindari sinar matahari langsung untuk mempertahankan warna dan nutrisi.

Bawang merah dan bawang putih

Agar bawang merah dan bawang putih tetap segar dalam waktu yang lama, bawang putih sebaiknya diletakkan di tempat kering. Jika kamu punya banyak bawang, kamu bisa mengikatnya satu sama lain dan menggantungnya. Bawang akan lebih cepat rusak dan terkena jamur jika dimasukkan ke dalam lemari es.

Selain menyimpan bahan makanan di lemari, berikut ini adalah bahan makanan yang sebaiknya disimpan di rak dapur atau di atas meja.

Ada bahan makanan yang sebaiknya disimpan di rak terbuka. (BRIGHTSIDE)

Jeruk

Jangan masukkan jeruk ke dalam lemari es, ini akan membuat buah kurang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Sebaiknya, simpanlah jeruk di atas meja dapur.

Alpukat

Alpukat mentah harus disimpan jauh dari suhu rendah selama empat hingga tujuh hari, karena buah ini tidak akan matang tetapi membusuk. Setelah matang, Anda bisa memasukkannya ke dalam lemari es sampai dikonsumsi.

Ketimun

Timun dapat disimpan di lemari es hanya untuk beberapa hari. Temperatur yang rendah akan membuat timun membusuk dengan sangat cepat. Simpanlah timun di rak dapur agar tetap segar .

Terong

Simpan terong di rak lemari dan hindari terkena matahari langsung. Jika di simpan di dalam kulkas, sayuran ini akan menjadi lunak dan kehilangan kandungan baiknya dengan sangat cepat.  

Tomat

Suhu rendah di dalam lemari es menghancurkan membran tomat dan membuatnya terisi dengan air lalu membusuk. Tempat terbaik untuk tomat adalah di meja makan atau di dapur.

Lalu, bahan-bahan makanan apa saja yang sebaiknya disimpan di lemari es? Berikut daftarnya!

Lemari es untuk menyimpan bahan makanan seperti telur dan terigu. (BRIGHTSIDE)

 

Telur

Sebenarnya, telur memiliki lapisan pelindung diri terhadap bakteri, sehingga kamu bebas menyimpannya di dalam lemari es, maupun di sebuah tempat dengan suhu ruangan. Namun, usahakan untuk tidak menyimpan telur di tempat yang suhu udaranya berubah-ubah, sebentar di dalam lemari es, sebentar dikeluarkan.

Tepung

Tepung yang disimpan dengan kelembaban dan suhu yang tinggi dapat menyebabkan munculnya serangga dan jamur. Pilihan terbaik adalah simpan di wadah yang ditutup rapat dan letakkan di lemari es. Suhu harus diantara 50 dan 65 ° F.

Kacang

Sebaiknya kacang disimpan dalam lemari es agar terhindar dari sinar matahari, kelembaban dan suhu tinggi. Kalau disimpan di dalam lemari es, kacang tetap dalam kondisi baik hingga 9 bulan.

Seledri

Seledri harus disimpan di lemari es. Tapi jangan membungkusnya dengan plastik karena akan membusuk dengan cepat, lebih baik gunakan aluminium foil.

Nah dari tulisan di atas, coba dicek apakah kamu sudah menyimpan bahan-bahan makanan dengan benar?

BRIGHTSIDE

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments