hero
(ANTARA)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

3 September 2019, 12:21 WIB

KABUPATEN PURWAKARTA, INDONESIA

Tim Road Accident Rescue-Traffic Accident Analysis (RAR-TAA) dari Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) dan Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas POLRI) melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) kecelakaan di ruas tol Cipularang. Tepatnya di kilometer 91 plus 400, Desa Cibodas, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Selasa siang (3/9/2019).

Petugas menganalisis kejadian kecelakaan beruntun itu dengan menggunakan metode Traffic Analyis. Yang menggunakan alat laser scanner tiga dimensi. Nantinya, dari hasil olah TKP akan didapat gambar tiga dimensi penyebab pasti kecelakaan.

Petugas Road Accident Rescue-Traffic Accident Analysis (RAR-TAA) Polda Jabar membawa alat "3D Scanner" saat melakukan olah tkp kecelakaan beruntun di KM 91 Tol Cipularang, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (3/9/2019). Olah tkp tersebut dilakukan untuk mengetahui penyebab kecelakaan beruntun yang melibatkan 21 kendaraan dan menyebabkan delapan orang tewas pada Senin (2/9/2019). (ANTARA)

“Menggunakan Laser 3D scanner, jadi kita akan merekam semua TKP dalam bentuk real-nya. Jadi kami mohon ke pinggir semuanya. Nanti setelah kami rekam semuanya baru kita nanti akan melakukan rekonstruksi,” ujar Tim TAA Korlantas POLRI, Kompol Deni Setiawan.

Petugas Road Accident Rescue-Traffic Accident Analysis (RAR-TAA) Polda Jabar melakukan olah tkp kecelakaan beruntun di KM 91 Tol Cipularang, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (3/9/2019). Olah tkp tersebut dilakukan untuk mengetahui penyebab kecelakaan beruntun yang melibatkan 21 kendaraan dan menyebabkan delapan orang tewas pada Senin (2/9/2019). (ANTARA)

Sementara itu di lokasi kejadian masih ada satu kendaraan fortuner putih milik salah satu korban yang belum dievakuasi. Mobil tersebut sempat terpental berlawanan arus hingga masuk rawa-rawa.

Kronologis Laka Tol Cipularang KM 91 Arah Jakarta, Sopir Dump Truk: “Rem saya blong, rem saya blong”

Inilah Daftar Nama Korban Luka Kecelakaan Maut Cipularang KM 91 Arah Jakarta

Untuk lalu lintas, polisi memberlakukan sistem contraflow sepanjang 6 kilometer. Mulai dari kilometer 96 hingga kilometer 90, arah Jakarta.

Kendaraan terjebak kemacetan saat pemberlakuan contraflow di KM 91 Tol Cipularang, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (3/9/2019). Pemberlakuan contraflow tersebut diberlakukan selama proses olah tkp kecelakaan beruntun di KM 91 oleh petugas berwenang. (ANTARA)

Kini kasus kecelakaan ini masih dalam penanganan Kepolisian Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor (Satlantas Polres) Purwakarta. Polisi juga belum menetapkan tersangka pada kejadian ini. Sedangkan 28 korban luka masih menjalani perawatan di tiga rumah sakit berbeda. Yakni RS MH Thamrin, RS Bayu Asih, dan RS Siloam.

IMAN BUDIMAN 

 

4

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments