hero
(ANTARA)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

2 September 2019, 09:55 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Kepemilikan lahan-lahan di sekitar lokasi ibu kota baru Indonesia terus menjadi perbincangan hangat. Beberapa pengusaha besar terkonfirmasi memiliki lahan di sekitar Kabupaten Penajam Paser Utara, salah satunya adalah pengusaha Hashim Djojohadikusumo yang merupakan adik kandung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Hal ini dibenarkan oleh Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas'ud yang menyebut perusahaan mili Hashim mengelola lebih dari 50 ribu hektare lahan berstatus hak pengusahaan hutan (HPH) di wilayah yang ia pimpin. “Setahu saya kalau Pak Prabowo itu tidak ada ya, tapi kalau Pak Hashim itu ada,” ujar Abdul kepada Nabila Puteri dari NET.

Lahan Hutan Tanaman Industri (HTI) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (28/8/2019). Kementerian LHK menyatakan fungsi dan peruntukan kawasan hutan termasuk HTI dapat berubah sesuai kebijakan pemerintah untuk alokasi ibu kota baru. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Abdul pun mengungkap asal-usul perusahaan milik Hashim yang bernama Arsari Group tersebut. “Jadi itu ada grup disana yang dulu adalah suatu perusahaan yang dikuasai oleh Amerika, terus dari keluarga Pak Hashim atau Pak Prabowo itu mengambil alih perusahaan tersebut,” lanjut Abdul.

Seperti diketahui sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah mengumumkan wilayah ibu kota negara baru berada di Kalimantan Timur. Lokasi persisnya menempati sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kertanegara.

TIM LIPUTAN

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments