hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

30 Agustus 2019, 14:00 WIB

INDONESIA

Tahukah kamu, usus besar memiliki panjang sekitar 150 sentimeter! Dengan ukuran sebesar itu, sudah pasti usus besar berperan penting dalam kehidupan kamu sehari-hari. Banyak risiko penyakit yang bisa diderita akibat usus besar kotor. Karena itu, jangan sampai lalai menjaganya. Bagaimana cara? Berikut ini ada 7 cara alami yang bisa dilakukan untuk menjaga usus besar kamu bersih dan sehat.

 

1. Minum air putih

Cara paling sederhana membersihkan usus besar adalah dengan rutin mengonsumsi air putih. Usahakan minum air putih sebanyak 6-8 gelas perhari. Jangan sampai kurang ya.

2. Minum prebiotik

Minuman prebiotik juga dipercaya bisa menjaga usus besar terjaga. Kandungan bakteri baik yang ada di prebiotik mencegah radang dan meningkatkan pergerakan usus. Kandungan prebioti bisa kamu temukan di yogurt, cuka apel, kimchi, miso, kombucha dan beberapa jenis keju.

3. Konsumsi teh herbal

Teh herbal untuk membersihkan usus. (BRIGHTSIDE)

Mengonsumsi teh herbal juga bisa membersihkan usus besar. Beberapa jenis teh memiliki fungsi untuk melancarkan BAB. Selain itu, kandungan di dalam teh seperti psyllium, lidah buaya, dan marshmallow root juga bisa membersihkan usus dari sisa kotoran-kotoran yang menempel hingga bersih.

4. Perbanyak makanan pati resisten

Makanan pati resisten. (BRIGHTSIDE)

Pati resisten adalah pati yang tidak bisa dihancurkan dan dicerna di lambung. Setelah masuk usus kecil, makanan yang mengandung pati resisten justri difermentasi sebelum masuk usus besar. Pati restien juga sumber makanan bagi bakteri baik di usus. Kamu bisa menemukannya di kentang, kacang polong, gandum.

5. Konsumsi makanan berserat tinggi

Konsumsi makanan berserat. (BRIGHTSIDE)

Makanan berserat tinggi memberi asupan bakteri baik pada usus. Hal ini dapat membantu mengurangi peradangan usus dan memperbaiki gangguan pencernaan seperti sindrom iritasi usus, penyakit Crohn, dan kolitis ulserativa. Gandum, raspberi, brokoli, kacang-kacangan adalah beberapa di antara makanan banyak serat yang bisa kamu konsumsi sehari-hari.

6. Konsumsi vitamin C

Perbanyak asupan vitamin C. (BRIGHTSIDE)

Menurut penelitian yang dilakukan tahun 2015, vitamin C dapat membantu membesihkan usus besar. Kamu bisa mendapat vitamin C dengan mengonsumi aneka sayur dan buah. Coba konsumsi smooties kale, brokoli, stroberi dan lemon untuk menjaga usus tetap bersih dan menjaga kesehatan.

7. Minum larutan air garam

Jika kamu memiliki masalah sembelit setiap harinya, minumlah air hangat yang diberi  sedikit garam, larutan, lalu minum hingga habis. Disarankan untuk menggunakan himalayan salt , karena garam ini lebih banyak mengandung mineral dan bersih.

BRIGHTSIDE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments