hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

21 Agustus 2019, 06:00 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Kabar gembira nih buat Cassieopeia! TVXQ akan menggelar konser tunggal mereka di Jakarta pada 31 Agustus 2019. TVXQ adalah K-pop idol generasi kedua yang debut tahun 2003. Di tahun 2000-an, lagu-lagu mereka merajai tangga lagu di Korea Selatan dan Jepang. Nah, sebelum kamu memutuskan beli tiketnya, yuk kenalan dulu sama TVXQ!

1. Awalnya Terdiri dari 5 Anggota

Mungkin K-Popers zaman now enggak banyak yang tahu bahwa  TVXQ pertama debut dengan lima orang anggota. Debut pada 26 Desember 2003, TVXQ terdiri dari U-Know Yunho, Max Changmin, Jaejoong, Yoochun, dan Xia Junsu.

Formasi awal TVXQ. (ALL KPOP)

Debut dengan lagu “Hug”, TVXQ tidak langsung melejit begitu saja. Apalagi saat itu tidak banyak orang menyukai K-Pop. Namun, lagu ini cukup menarik perhatian karena berada di deretan tangga lagu untuk waktu yang cukup lama. Hingga setahun kemudian terjual hingga 169.000 kopi.

 

TVXQ merupakan kepanjangan dari Tong Vfang Xien Qi yang berarti Dewa  Timur yang bangkit. TVXQ juga dikenal dengan nama DBSK (Dong Bang Shin Ki) di Korea dan Tohosinki di Jepang.

Kelima member TVXQ ini memang memikat banyak orang berkat kemampuan mereka. Sayangnya tiga anggota lainnya memutuskan keluar dari grup pada tahun 2010. Jaejoong, Yoochun, dan Junsu merasa kontrak yang dibuat SM Entertainment tidak adil. Ketiga anggota ini membuat sebuah grup baru bernama JYJ.

2.Trainee Vokal Terbaik SM Entertainment

Yunho, Changmin, Jaejoong, Yoochun, dan Junsu merupakan trainee vokal terbaik yang pernah dimiliki SM Entertainment. Setiap anggota seharusnya debut menjadi vokalis utama di lima grup yang berbeda. Dan tidak menutup kemungkinan salah satunya akan didebutkan menjadi penyanyi solo.

Trainee vokal terbaik SM Entertainment. (ALL KPOP)

Hanya saja, saat itu SM Entertainment sedang terkendala masalah keuangan. Akhirnya Lee Soo Man memilih para trainee terbaik ini menjadi acapella-dance group. Ternyata ini menjadi keputusan yang tepat bagi kelangsungan SM Entertainment. Hingga saat ini, TVXQ menjadi grup dengan penghasilan tertinggi di SM. Meski mereka kini hanya tinggal dua orang.

3. Selamatkan Industri K-Pop

Di awal tahun 2000, tidak banyak yang menyukai grup idola K-Pop bahkan di negeri ginseng itu sendiri. Industri K-Pop saat itu mengalami masalah finansial yang cukup parah. Saat TVXQ debut, mereka perlahan menjadi pusat perhatian. Saat itu penjualan digital belumlah terlalu marak, jadi menjual 100.000 ribu keping kaset yang murah juga sudah menjadi prestasi yang luar biasa. Dan TVXQ berhasil melampui itu. Setahun setelah debut (2004) album pertama TVXQ “Tri-angle”, serta single album “Hug” dan “The Way You Are” terjual lebih dari 800.000 keping CD.

Album Tri-angle TVXQ. (ALL KPOP)

Mereka langsung populer di Asia ketika comeback dengan lagu “Mirotic” di tahun 2008. Inilah yang membuka jalan K-Pop bisa terkenal di Asia. Bahkan lagu “Rising Sun” yang terdapat di album kedua TVXQ menjadi backsound di film blockbuster “Fast & Furious 4”. Lagu ini muncul di scene pembuka Paul Walker.

 

Sejak saat itu, TVXQ menjadi salah satu idol yang digandrungi hingga saat ini. Mereka menuai kesuksesan setiap comeback. Termasuk dari penjualan tiket konser. Dan bahkan menurut All KPop, empat anggota TVXQ pernah ditawari untuk membintangi drama “Boys Before Flower”. Namun, karena kesibukan mereka saat itu, TVXQ terpaksa harus menolak. Akhirnya peran tersebut jatuh pada Lee Min Ho dan kawan-kawan.

4. Pecahkan Rekor Dunia

Di tahun 2008, TVXQ pernah tercatat di Guinness Book of World Records sebagai “Idol yang memiliki fans club official terbesar”. Bukan fan club biasa loh, tapi fan club berbayar resmi. Fan club ini terdiri dari fan club internasional, official fan club Jepang yang disebut BigEast, dan fan club official Kore yaitu Cassiopeia. Jumlah total anggota fan club ini sebanyak 800.000 anggota.

Rekor ini sebelumnya pernah dipegang oleh Elvis Presley. Sayangnya fan club TVXQ di Korea tutup pada 2009 setelah TVXQ pecah. Grup asuhan SM Entertainment ini juga tercatat memecahkan rekor sebagai grup paling banyak difoto pada tahun 2009. Lewat aktifitas resmi mereka saja, grup ini sudah difoto sebanyak 500 juta kali. Terbayang dong kalau sekarang mereka sudah difoto berapa kali?

5. Cetak Sejarah di Jepang

Sudah jadi rahasia umum bahwa TVXQ super terkenal di Jepang. Sekali konser di Jepang, setidaknya 50.000 tiket pasti akan terjual. Hal ini juga yang membuat TVXQ banyak mencetak sejarah di Jepang.

TVXQ pernah berpartisipasi dalam acara akhir tahun Jepang “Kohaku Uta Gassen” pada tahun 2008, 2009, dan 2011. Di tahun 2011, mereka mencetak kemenangan bersejarah. TVXQ meraih voting penonton terbanyak hingga 65,3%. Mereka mengalahkan 21 top artis di Jepang saat itu yaitu Arashi, SMAP, AKB48, Girl’s Generation, KARA, dan lainnya. Voting ini hanya bisa dilakukan oleh penonton Jepang saja. Ini berarti banyak sekali penduduk Jepang yang menyukai TVXQ, hingga  mereka bisa meraih posisi pertama.

TVXQ punya banyak penggemar di Jepang. (Facebook/ TVXQ)

Jepang juga menjadi negara yang paling banyak dikunjungi artis Asia untuk mengadakan konser. Pada 14 Mei 2015, kepala situs penjualan tiket online “Ticket Street” menyatakan bahwa TVXQ termasuk ke dalam The Big 3 dalam penjualan live konser. Selain TVXQ, Arashi dan EXILE merupakan artis yang penjualan tiket konsernya paling banyak diincar di Jepang. Dan keduanya merupakan band legendaris Jepang. Keren banget kan TVXQ? DBSK jadi artis Korea yang tiketnya paling susah didapatkan, saking banyaknya yang mengincar.

6. K-Pop Idol Satu-satunya yang Tampil di Nissan Stadium

Nissan Stadium merupakan stadium dengan kapasitas terbesar di Jepang. Stadium ini mampu menampung penonton hingga 75.000 bangku. Bisa mengadakan konser di venue semegah ini dengan penonton full tentu jadi impian banyak idola. Tapi tentu saja tidak semudah itu! Stadium ini biasanya penuh dikunjungi saat event olahraga. Atau saat penyanyi legendari Jepang tampil, seperti B’z, AKB48, dan Momoiro Clover Z. Dan TVXQ merupakan penyanyi asing pertama yang pernah mengadakan konser di sini. Pertama kali mereka melangsungkan konser selama dua hari di tahun 2013.

 

Lalu di perayaan ke-15 tahun, TVXQ kembali mengadakan konser di Nissan Stadium ini. Di tahun 2018 ini, mereka bahkan mencatat sejarah sebagai satu-satunya penyanyi asing yang mengadakan konser dua kali di Nissan Stadium. Keren kan?

7. Grup dengan Pendapatan Terbesar

Berdasarkan prestasinya, kamu bisa memperkirakan penghasilan TVXQ. Wajar saja jika grup ini dinobatkan sebagai grup dengan pendapatan terbesar. Bahkan bisa dibilang, TVXQ adalah harta karun SM Entertainment hingga saat ini. Di tahun 2009 saja, TVXQ sudah menghasilkan revenue sebesar $109 juta atau sekitar Rp926,5 miliar.

TVXQ menjadi grup dengan penghasilan terbesar. (TVXQ Website)

Dan di Februari 2018, media Korea Cidermics melaporkan bahwa TVXQ berhasil memperoleh $2 miliar atau sekitar Rp21,4 triliun. Pendapatan ini memebuat mereka mencetak sejarah sebagai grup K-Pop dengan pendapatan terbesar hingga saat ini. Ketika Yunho dan Changmin harus mengikuti wajib militer, pendapatan SM Entertainment bisa dibilang berkurang cukup drastis. Terutama dari aktifitas mereka di Jepang.

8. Tidak Pernah Terlibat Skandal

Hampir 16 tahun debut, kedua member TVXQ tidak pernah terlibat skandal. Selain kasus keluarnya tiga orang anggota, TVXQ dianggap selalu menjadi sikap mereka. Tahun 2010,Changmin hampir diberitakan berkencan dengan seorang wanita berambut panjang di konser. Tapi ternyata, orang yang dianggap wanita itu adalah Minho SHINee.

Foto Changmin dikira kencan, padahal sosok berambut panjang itu adalah Minho SHINee. (Friday Magazine)

Bahkan situs berita Dispatch yang biasanya membuka skandal para idola, tidak pernah bisa menyeret TVXQ ke dalam skandal. Momen yang sering ditangkap Dispatch justru momen yang dianggap manis oleh penggemar. Kebanyakan adalah momen interaksi kedua member TVXQ yang menggemaskan.

Nah, kamu udah tahu kan kecenya TVXQ? Sayang banget kalau kamu enggak nonton konsernya di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD nanti. Kamu bisa mendapatkan tiketnya dengan mengunjungi www.tiket.com

 ALLKPOP | SOOMPI

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments