hero
(ANTARA)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

20 Agustus 2019, 09:25 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Puluhan masyarakat Papua bertemu Kapolda Metro Jaya, Senin malam. Pertemuan ini bertujuan meredam gejolak kerusuhan yang terjadi di Papua kemarin siang. Mereka meminta jaminan keamanan aparat kepolisian karena situasi dianggap masih belum kondusif.

Pertemuan digelar di Gedung Promoter dan dihadiri oleh Kapolda Metro Jaya beserta jajaran Kapolres. Perwakilan masyarakat dan tokoh Papua ini kemudian berdialog dan diskusi dengan Kapolda agar gejolak kerusuhan yang terjadi di bumi Cendrawasih tidak menjalar sampai ke ibukota.

Massa berjalan kaki menuju Kantor Gubernur Papua saat melakukan aksi di Jayapura, Senin (19/8/2019). Aksi tersebut untuk menyikapi peristiwa yang dialami mahasiswa asal Papua di Surabaya, Malang dan Semarang. (ANTARA FOTO/Gusti Tanati)

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol. Gatot Eddy Pramono memastikan situasi Jakarta saat ini kondusif. Jaminan keamanan kepada masyarakat Papua di Jabodetabek pun diberikan. Gatot meminta kepada semua pihak agar dapat menahan diri dan tidak mudah terprovokasi.

“Kami berinisiatif bersama-sama untuk menyampaikan rasa aman. Dan ingin memberikan informasi yang terkait peristriwa yang terjadi, agar tak berkembang di wilayah kita terutama dengan peristiwa di Surabaya dan di Manokwari,” papar Gatot.

Masyarakat Papua sendiri mengapresiasi langkah kepolisian yang menjaga keamanan,  khususnya warganya yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya. Mereka mendukung langkah tegas aparat untuk menindak oknum yang sengaja berbuat onar.

Kondisi gedung Majelis Rakyat Papua yang terbakar pascakerusuhan di Manokwari, Papua Barat, Senin (19/02/2019). Suasana Manokwari mulai kondusif pascaaksi kerusuhan akibat kemarahan atas peristiwa yang dialami mahasiswa asal Papua di Surabaya, Malang dan Semarang. (ANTARA FOTO/Tomi)

“Saya mewakili perwakilan Papua se-Jabotabek, saya berterima kasih kepolisian telah menjamin. Dan kita bisa kembali beraktifitas dan kejadian itu cukup sampai disitu saja,” kata tokoh Papua di Jabodetabek, Febyola Ohay.

Situasi Papua sendiri saat ini sudah kondusif pascakerusuhan yang terjadi Senin siang kemarin. Namun akibat peristiwa tersebut sejumlah fasilitas umum rusak, Gedung DPRD bahkan terbakar. 

TIM LIPUTAN

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments