hero
(ANTARA)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

16 Agustus 2019, 18:55 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato kenegaraan dalam sidang bersama DPR dan DPD RI di Senayan, Jakarta, Jumat pagi. Pidato yang diasmpaikan dalam rangka HUT ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Dalam pidato kenegaraan itu, Presiden Jokowi meminta izin dan dukungan dari anggota dewan hingga seluruh rakyat Indonesia untuk memindahkan ibukota negara ke pulau Kalimantan. Meski demikian, presiden belum sebutkan secara rinci provinsi mana yang akan menjadi ibukota ini.

Presiden Jokowi menegaskan rencana pemindahan ibukota negara ini merupakan bentuk pemerataan dan keadilan Indonesia. “Dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibukota negara kita ke Pulau Kalimantan. Ibukota yang bukan hanya simbol identitas bangsa, tapi juga representasi kemajuan bangsa. Ini demi terwujudnya pemerataan dan keadilan ekonomi,” ujar Jokowi.

Presiden Joko Widodo (kiri) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri sidang Paripurna DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Sidang tersebut beragendakan pidato Ketua DPR tentang pembukaan masa persidangan tahun 2019-2010 dan pidato Presiden dalam rangka penyampaian RUU tentang APBN TA 2020 disertai Nota Keuangan dan dokumen pendukungnya. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Sementara itu, Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah menilai rencana pemindahan ibukota negara ke Pulau Kalimantan tidak tepat. Konsep pembangunan secara Indonesia sentris harusnya diterapkan melalui kebijakan yang ada, bukan berupa pemindahan ibukota.

“Indonesia sentris itu sebenarnya pada kebijakannya bukan pada lokasi ibukota apalagi presiden bicara digital sekarang ruang dan waktu tidak ada guna karena semua bisa dipakai secara digital,” papar Fahri. 

Mantan politikus PKS ini pun menambahkan  bahwa yang lebih penting saat ini adalah memperkuat pembentukan daerah otonomi baru sebagai syarat lahirnya daerah-daerah yang lebih kuat. 

TIM LIPUTAN

4

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments