hero
(INSTAGRAM @aniesbaswedan)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

14 Agustus 2019, 17:50 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana menggelar balapan mobil listrik di sirkuit jalan raya perkotaan atau yang biasa dikenal sebagai Formula E di Jakarta pada 2020 mendatang. Anies menyebut apabila Jakarta menjadi tuan rumah Formula E maka event international tersebut setidaknya dapat menggerakkan ekonomi ibu kota hingga 1,2 triliun rupiah.

”Seperti penyelenggaran event internasional lainnya, semua itu pasti memerlukan pembiayaan. Datanya ada, anda tinggal lakukan studi komparasi seperti saya sampaikan dari awal, dari studi kelayakan, feasibility studies, tentang penyelenggaraan Formula E, diproyeksikan bisa menggerakan perekonomian sampai dengan 1,2 T. Langsung terasa di Jakarta,” papar Anies.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menghadiri event balap Formula E di Brooklyn, New York, 13 Juli 2019. (INSTAGRAM @aniesbaswedan)

Anies mengaku telah melaporkan rencana penyelenggaraan Formula E ini ke Presiden Jokowi. “Presiden merespon, event seperti ini, manfaat intangible, istilah beliau, luar biasa karena kemudian Jakarta, Indonesia, dapat exposure dunia saat pre event, main event, dan side event,” lanjut mantan Rektor Universitas Paramadina ini. 

Untuk menjadi tuan rumah, Pemprov DKI Jakarta harus menyetor dana 20 juta poundsterling atau setara dengan hampir 360 milyar rupiah. Terdapat dua rute alternatif di sekitaran Monas yang akan dilintasi mobil balap, yakni mulai dari silang Monas tenggara yang akan berputar di Tugu Tani dan dari silang Monas selatan menuju ke belakang Stasiun Gambir.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melihat lintasan balap sesaat sebelum dimulainya event Formula E di Brooklyn, New York, 13 Juli 2019. (INSTAGRAM @aniesbaswedan)

Di akun instagramnya @aniesbaswedan, Anies juga telah menyampaikan kabar terpilihnya Jakarta sebagai tuan rumah Formula E. Formula E adalah turnamen balapan terpopuler kedua sesudah Formula 1. Bedanya dengan F1, Formula E menggunakan mesin bertenaga listrik, dan diadakan di sirkuit jalan raya.

Tim dari Formula E juga sudah datang khusus melakukan uji lapangan di Jakarta pada 8-9 Juli lalu. Dilanjutkan dengan puncak pertemuan pada tanggal 13 Juli 2019, bersamaan dengan putaran final Sesi 6 Formula-E. Setelah bernegosiasi dengan Alexandro Agag dan Alberto Longo, para pemimpin tertinggi Formula-E, akhirnya disepakati Jakarta dipilih menjadi tuan rumah. 

DEA GITHA | TIAFANNY FEBRIAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments