hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

10 Agustus 2019, 06:00 WIB

INDONESIA

Merayakan Idul Adha memang tak mungkin komplit tanpa menyantap berbagai kuliner daging sapi maupun kambing.  Namun, enggak mau dong balik ke rutinitas kerja dengan kadar kolesterol yang melambung dan badan yang jadi enggak fit?  Maka dari itu, kamu patut mencoba mengonsumsi beberapa makanan berikut ini nih untuk "menebus dosa".

Bubur gandum

Oat meal, amouh menetralkan kolesterol jahat. (PREVENTION)

Atau oatmeal, sepertinya perlu untuk jadi menu sarapan kamu setiap pagi kalau kamu ingin menurunkan kolesterol. Gandum dalam oatmeal ini mengandung beta-glucan, substansi yang dapat menyerap LDL atau kolestrol jahat dalam tubuh.

Sarapan oatmeal setiap pagi bisa menurunkan kadar LDL hingga 5,3 persen hanya dalam 6 minggu loh. Oatmeal bisa kamu kombinasikan dengan buah-buahan segar, granola, atau kacang-kacangan agar terasa lebih enak dan menambah nutrisi.

Ikan salmon

Enggak cuma enak, salmom juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. (PREVENTION)

Kandungan Omega-3 memang terkenal dengan banyak manfaatnya untuk kesehatan serta mencegah penyakit jantung, demensia, dan sebagainya. Namun ternyata di samping itu, asam lemak Omega-3 juga mampu meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh hingga 4 persen. Ikan yang kaya akan Omega-3 seperti salmon, sardin, dan haring, patut kamu konsumsi untuk melawan kolesterol jahat dalam tubuh.

Kacang-kacangan

Ini cara paling enak menurunkan  kolesterol, tapi perhatikan juga porsinya, ya. (PREVENTION)

Mau ngemil sehat? Ganti saja dengan kacang-kacangan seperti kenari, almond, atau kacang mete. Selain rasanya gurih dan enak, ternyata makan kacang-kacangan ini 6 hari dalam seminggu selama sebulan bisa menurunkan kolesterol 5,4 persen dan kadar LDL 9,3 persen. Eits, tapi porsinya harus dikontrol juga ya karena meski baik untuk kolesterol dan jantung, kacang tetap tinggi kalori. Jangan sampai kebanyakan juga ya ngemilnya.

Teh

Teh bisa kamu konsumsi usai menyantap makanan berkolesterol tinggi. (PREVENTION)

Selain kaya akan kandungan antioksidan, teh juga dapat menangkal kadar LDL yang tinggi loh. Penelitian menunjukkan kalau teh hitam bisa mengurangi kolesterol sampai 10 persen dalam 3 minggu saja! Selain itu, teh hitam juga dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner.

Kacang merah

Aneka kacang merah, hijau dan hitam yang ampuh menjaga kadar kolesterol. (PREVENTION)

Penelitian dari Arizona State University Polytechnic menunjukkan bahwa menambah setengah gelas kacang merah dalam sup bisa menurunkan kadar kolesterol dan LDL hingga 8 persen. Kacang merah sangat baik bagi kesehatan jantung dan dapat mencegah tubuh menyerap kolesterol dalam makanan karena kandungan seratnya yang sangat tinggi.  Selain kacang merah, coba juga konsumsi kacang hitam dan kacang pinto. Kacag-kacangan ini dapat memenuhi sepertiga kebutuhan harianmu terhadap serat loh.

Cokelat

Cokelat yang enak ini, ampuh menjaga kolesterol juga loh! (PREVENTION)

Yup, cokelat! Konsumsilah dark-chocolate yang kaya dengan aktioksidan dan dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh hingga 24 persen. Antioksidan dalam dark-chocolate sangat baik untuk mencegah penyempitan arteri pembuluh darah. Ingat ya, pilih dark-chocolate yang biasanya punya sedikit rasa pahit bukan cokelat susu yang manis loh.

Bawang putih

Bawang putih punya banyak manfaat! (PREVENTION)

Selain bikin makananmu jadi wangi dan sedap, bawang putih ternyata punya manfaat menurunkan tingkat kolesterol, mencegah hipertensi, dan melawan infeksi. Mengonsumsi bawang putih segar 2-4 siung setiap hari bisa membantu mencegah partikel kolesterol menempel pada pembuluh darah dan membentuk plak.

Bayam

Bayam juga bisa menurunkan kadar kolesterol. (PREVENTION)

Kandungan lutein, yang juga terdapat pada kuning telur dan sayuran hijau lainnya, membuat bayam mampu mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah akibat konsumsi makanan yang tinggi kolesterol. Selain itu, bayam juga sangat baik untuk mencegah penyakit jantung dan menjaga kesehatan mata secara maksimal. 

Alpukat

Alpukat bisa jadi pilihan untuk mengurangi kolesterol. (PREVENTION)

Buah yang satu ini memang sudah dikenal dengan berbagai manfaatnya. Alpukat dapat meningkatkan kada kolesterol baik dalam tubuh sekaligus menurunkan LDL secara bersamaan. Lemak nabati yang tinggi dalam alpukat dapat mengurangi penyerapan kolesterol dari asupan makanan sehari-hari. Namun, alpukat harus dikonsumsi dengan porsi yang sesuai karena alpukat juga cukup tinggi kalori.

PREVENTION | HEALTH

 

4

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments